Analisis Kanonikal

Posted by

Wiley (1981) menyatakan analisis variat kanonikal digunakan untuk mendapatkan kombinasi karakter yang membedakan secara keseluruhan. selain itu, karakteristik fenotipe antar dua atau lebih populasi dapat digunakan untuk menggambar plot skor guna membandingkan variabilitas/keragaman di dalam dan di antara populasi pada dimensi yang kecil. Istilah lain dari analisis variat kononikal antara lain analisis kanonikal, analisis diskriminan berganda atau analisis fungsi diskriminan. Analisis kanonikal merupakan suatu metode perancangan reduksi data untuk menjelaskan hubungan antara dua atau lebih karakter serta membagi ragam total dari semua karakter menjadi variabel baru dalam jumlah terbatas yang tidak berkorelasi.

Gazpersz (1995) menjelaskan analisis kanonikal dalam metodologi permukaan respon pada dasarnya adalah mentransformasikan permukaan respon ke dalam bentuk kanonikal. Untuk menjelaskan tentang analisis kanonikal, maka perlu dikemukakan beberapa konsep teoritik yang berkaitan dengan analisis model ordo kedua (model kuadratik).

Daftar

Gazpersz, V. 1995. Teknik Analisis dalam Percobaan Penelitian Percobaan. Penerbit Tarsito, Bandung.

Wiley, E. O. 1981. Phylogenetics: The Theory and Practice of Phylogenetics Systematics. University of Kansas, Lawrence. Jhon Wiley & Son, New York.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:08

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...