Biaya Dalam Usaha Ayam Potong

Posted by

Boediono (2002) menyatakan bahwa biaya mencakup suatu pengukuran nilai sumberdaya yang harus dikorbankan sebagai akibat dari aktivitas-aktivitas yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Berdasarkan volume kegiatan, biaya dibedakan atas biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap (fixed cost) adalah biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan produksi yang jumlah totalnya tetap pada volume kegiatan tertentu, sedangkan biaya variabel (variable cost) adalah biaya yang jumlah totalnya berubah-ubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Sedangkan menurut Mulyadi (2005), biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi, yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu. Daniel (2004) menyatakan biaya produksi adalah kompensasi yang diterima oleh para pemilik faktor-faktor produksi atau biaya-biaya yang dikeluarkan oleh petani dalam proses produksi, baik secara tunai maupun secara tidak tunai. Biaya tunai terdiri dari biaya panen, bagi hasil, sumbangan dan pajak-pajak.

Biaya tidak tetap yang dikeluarkan peternakan terdiri dari biaya pakan, obatobatan, perlengkapan, tenaga kerja upahan, dan tenaga kerja keluarga. Menurut Rasyaf (2002), biaya tetap (Fixed Cost) pada peternakan ayam broiler adalah biaya yang tidak berubah dengan atau tidak adanya ayam di kandang, sedangkan biaya variabel (Variable Cost) adalah biaya yang berhubungan langsung dengan jumlah ayam yang dipelihara. Biaya ini antara lain biaya untuk DOC, ransum, pemeliharaan dan kesehatan. Sebagian besar dihabiskan untuk ransum, yaitu hingga 70% dari total biaya variabel. Menurut Agus et. al., (2006) biaya total usahatani adalah jumlah biaya-biaya tetap (Fixed Cost) dan biaya tidak tetap (Variable Cost). Studi kelayakan sebagai bagian dari ilmu evaluasi proyek adalah tahap awal pengkajian dari suatu usaha yang sedang berlangsung atau dalam suatu perencanaan.


Daftar Pustaka

Boediono. 2002. Ekonomi Mikro seri Sinopsis Pengantar ilmu Ekonomi No. 1 Edisi Kedua Cetakan ke-23. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi. Universitas Gadjahmada, Yogyakarta.
Daniel, M. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.
Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya. Edisi Kelima. Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, Yogyakarta.


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:58

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...