Escherichia coli dan Mycoplasma gallinarum Pada Ayam Pedaging

Posted by

Salah satu sumber protein asal hewan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia berasal dari ayam pedaging. Hal ini terlihat dengan jumlah produksi daging ayam ras pedaging (broiler) di Indonesia pada tahun 2011 mencapai 1 333 ribu ton per tahun dengan konsumsi per kapita per tahun sebesar 3.65 kg (Ditjennakkeswan 2012). Pemeliharaan ayam broiler cukup mudah dan murah karena waktu yang dibutuhkan singkat dengan konsumsi ransum dalam jumlah relatif sedikit mampu menghasilkan produksi yang cukup optimal.  Sehingga banyak muncul peternakan ayam broiler baik dalam skala daerah hingga nasional di Indonesia.


Penurunan produksi ayam broiler dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti, collibacillosis dan mycoplasmosis. Collibacillosis adalah penyakit menular pada unggas yang disebabkan oleh Escherichia coli dengan masa inkubasi 3-5 hari (Davis 2009). Collibacillosis menyebabkan berbagai manifestasi penyakit pada unggas termasuk infeksi kantung kuning telur, omphalitis, infeksi saluran pernapasan, swollen head disease, septicemia, polyserositis,
coligranuloma, enteritis, selulitis, dan salphingitis.

Bentuk akut collibacillosis yang disertai septicaemia dapat menyebabkan kematian, dan dalam bentuk akut ditandai dengan perikarditis, airsacculitis, dan perihepatitis (Barnes dan Gross 1997). Mycoplasmosis merupakan salah satu penyakit pernapasan pada ayam dengan masa inkubasi 6-20 hari (CFSPH 2007). Penyakit ini ditandai dengan batuk, nasal discharge, pertumbuhan yang buruk, dan penurunan produksi. Peningkatan biaya untuk pengobatan menyebabkan kerugian ekonomi yang besar (Amer et al. 2012).

Tindakan penanganan dengan pemberian antibiotik merupakan salah satu upaya yang mendukung dalam peningkatan produktivitas ayam sekaligus pencegah infeksi penyakit. Dengan semakin kompleks penyakit yang menyerang ayam broiler, maka diperlukan penggunaan antibiotik secara tepat dalam upaya efektivitas obat sekaligus efesiensi pembiayaan kesehatan pada peternakan di Indonesia.


Daftar Pustaka

Amer MM, Zohair GA, El-Bayomi, Girh. 2012. Effect of tilmicosin in control of Mycoplasmosis in broiler chickens from infected breeders using elisa test for evalution. J Americ Scien. 8(3): 696-700.
Barnes HJ, Gross WB. 1997. Diseases of Poultry. 10th ed. Calnek BW, Barnes HJ, Beard CW, McDouglad LR, Saif YM, ed. Ames. IA (US) : Iowa State University Press.
Davis. 2009. E. coli 0157:H7 (Escherichia coli 0157:H7 infection) [internet]. [waktu dan tempat pertemuan tidak diketahui]. [diunduh 2013 Juli 27]. Tersedia pada http://www.medicinenet.com/e_coli0157h7/article.htm
Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan.2012.Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2012.Jakarta(ID): Kementerian Pertanian RI


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 17:33

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...