Analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats) Bisnis Peternakan

Posted by

Pengembangan Usaha Peternakan dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengidentifikasi usaha Peternakan yang diinginkan sehingga dapat disusun strategi pengembangan yang dapat dilakukan untuk pengembangannya. Penyusunan strategi dapat dilakukan dengan analisis SWOT. Analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats) merupakan suatu cara untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematik untuk merumuskan strategi dengan memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) (Rangkuti, 1997). Analisis SWOT merupakan salah satu metode yang popular digunakan untuk menghasilkan suatu strategi, hal ini didasari asumsi bahwa strategi yang efektif diperoleh dari faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor-faktor eksternal (peluang dan ancaman) (Pearce dan Robinson, 2009).

Alat yang dapat digunakan untuk menyusun faktor-faktor strategis yakni matrik SWOT. Matrik ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi agar dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Penggunaan matrik ini dapat menghasilkan empat kemungkinan alternatif strategi yang dapat digunakan diantaranya adalah : (1) strategi SO yang dibuat dengan memanfaatkan seluruh kekuatan yang dimiliki untuk merebut dan memanfaatkan peluang yang ada dengan sebesar-besarnya. (2) Strategi ST yakni strategi yang menggunakan kekuatan untuk mengatasi ancaman yang ada. (3) Strategi WO yakni memanfaatkan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada. (4) Strategi WT yakni strategi berusaha meminimalkan kelemahan yang ada untuk menghindari adanya ancaman (Rangkuti, 1997).

David (2009) menjelaskan terdapat delapan langkah dalam membentuk sebuah matriks SWOT diantaranya adalah:
1. Membuat daftar peluang-peluang eksternal utama perusahaan
2. Membuat daftar ancaman-ancaman eksternal utama perusahaan
3. Membuat daftar kekuatan-kekuatan internal utama perusahaan
4. Membuat daftar kelemahan-kelemahan internal utama perusahaan
5. Menyesuaikan kekuatan internal dengan peluang eksternal sehingga diperoleh strategi SO
6. Menyesuaikan kelemahan internal dengan peluang eksternal sehingga diperoleh strategi WO
7. Menyesuaikan kekuatan internal dengan ancaman eksternal sehingga diperoleh strategi ST
8. Menyesuaikan kelemahan internal dengan ancaman eksternal sehingga diperoleh strategi WT


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:29

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...