Deskripsi dan Klasifikasi Ikan Mas

Posted by

Deskripsi dan Klasifikasi Ikan Mas (C. carpio L.)

Ikan mas atau common carp termasuk Ordo Cypriniformes, Familia Cyprinidae. Ikan mas (C. carpio L.) mempunyai empat buah sungut dan bagian belakang jari-jari terakhir sirip dubur pada ikan mas mengeras dan bergerigi. Ikan mas berasal dari Jepang, China, dan diintroduksi ke seluruh dunia sebagai ikan konsumsi. Ikan mas merupakan ikan budidaya tertua yang dapat tumbuh mencapai ukuran panjang 120 cm dengan berat 37,3 kg. Sifat ikan mas adalah omnivora atau pemakan segala, mencari hewan dasar dengan cara mengauk dasar kolam yang menyebabkan air menjadi keruh (Tim Peneliti BRPPU 2008).

Ikan mas berbadan panjang dengan perbandingan antara panjang total dengan tinggi badan 3 : 1 (tergantung varietas). Bila dipotong di bagian tengah badan memilki perbandingan antara tinggi badan dan lebar badan 3 : 2 (tergantung varietas). Warna tubuh ikan mas juga tergantung dari varietas, ada merah, kuning, abu-abu, kehijauan, atau perpaduan beberapa warna.
Tubuh ikan mas terbagi tiga bagian, yaitu kepala, badan, dan ekor. Mulut, sepasang mata, hidung, dan tutup insang terletak di kepala. Seluruh bagian tubuh ikan mas ditutupi dengan sisik yang besar, dan berjenis cycloid. Pada bagian itu terlihat ada garis line lateralis, memanjang mulai dari belakang tutup insang sampai pangkal ekor.

Menurut Saanin (1984), klasifikasi ikan mas (C. carpio L.) adalah sebagai berikut:
Filum : Chordata
Kelas : Pisces
Ordo : Ostariophysi
Famili : Cyprinidae
Genus : Cyprinus
Spesies : Cyprinus carpio (Linnaeus 1758), morfologi ikan mas (C. carpio L.) disajikan pada Gambar 



Ikan mas (Cyprinus carpio L.) tergolong ikan ekonomis penting karena ikan ini digemari oleh masyarakat. Produksi ikan mas ditargetkan akan meningkat dari 280.000 ton (2011) menjadi 380.000 ton di tahun 2012 (KKP 2012). Optimisme peningkatan produksi ikan mas ini dikarenakan telah ditemukannya vaksin bagi virus KHV yang menyerang ikan mas. Nugroho & Wahyudi (1991) menyatakan pula bahwa ikan mas merupakan salah satu dari 10 jenis ikan budidaya air tawar penting yang dapat dibudidayakan di Indonesia.


Sumber :
Kementrian Kelautan dan Perikanan. 2012. Data Produksi Ikan Mas (Cyprinus carpio L.). www.dkp.go.id [4 Juni 2012].
Nugroho E, Wahyudi NA. 1991. Seleksi berbagai ras ikan mas koleksi dari berbagai daerah di Indonesia dengan menggunakan “Skor-Z”, Buletin Penelitian Perikanan Darat 10(2): 49-54.
Saanin H. 1984. Taksonomi dan Kunci Identifikasi. Bandung: Binacipta.
Tim Peneliti BRPPU. 2008. Ikan Mas (Cyprinus carpio). Jakarta: Badan Riset Kelautan dan Perikanan.

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 04:30

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...