Deskripsi dan Klasifikasi Kuda

Posted by

Deskripsi dan Klasifikasi Kuda

Kuda termasuk golongan hewan dalam filum Chordata yaitu hewan yang bertulang belakang, kelas Mamalia yaitu hewan yang menyusui anaknya, ordo Perissodactyla yaitu hewan berteracak tidak memamahbiak, famili Equidae, dan spesies Equus caballus (Blakely dan Bade, 1994). Pemanfaatan kuda merupakan salah satu cara untuk menghemat waktu. Beberapa kuda saat ini digunakan untuk menangani ternak dan dalam kegiatan penebangan. Banyak kuda digunakan untuk kesenangan berkuda oleh orang-orang dari segala usia. Beberapa kuda digunakan dalam parade dimana penampilannya sangat penting. Kuda sangat penting dalam olahraga, seperti pacuan kuda, rodeo dan polo (Bogart dan Taylor, 1977).


Ternak kuda selain dapat digunakan untuk konsumsi masyarakat (daging kuda dan air susu), kuda juga dapat dimanfaatkan untuk berperang, untuk olahraga dan rekreasi, keperluan pertanian secara luas dan untuk alat pengangkutan. Kepemilikan ternak kuda juga dapat memberikan status sosial yang lebih tinggi bagi pemiliknya (Parakkasi, 1986). Bogart dan Taylor (1977) menambahkan, beberapa istilah digunakan oleh orang-orang yang bekerja dengan kuda. Kuda jantan yang digunakan untuk pembibitan disebut stallion. Gelding yaitu kuda jantan yang dikebiri sebelum mencapai kematangan seksual. Kuda betina muda disebut filly dan kuda jantan muda disebut colt, keduanya disebut dengan foal. Kuda betina dewasa disebut mare.

Kuda yang didomestikasi diharapkan dapat hidup hingga 25 tahun, untuk kuda dialam bebas tentu berumur kurang dari itu. Kuda berkembang sangat baik sejak dilahirkan ke dunia. Dalam waktu 24 jam sejak lahir, anak kuda dialam harus mampu berpacu dengan ternak lain untuk bertahan hidup. Anak kuda telah memiliki kaki (panjangnya hampir sama dengan kuda dewasa) dan naluri untuk bangkit dan mulai bergerak segera setelah lahir. Selama bulan pertama hidup, tinggi anak kuda meningkat sekitar sepertiga. Pada akhir tahun pertama, tingginya mencapai tiga-perempat dari tinggi kuda dewasa. Setelah penyapihan, selama sekitar enam bulan didomestikasi dan sedikit demi sedikit dibawa ke alam liar, kuda muda disebut weanling.

Pada tahun pertamanya, kuda disebut yearling. Setelah itu, kuda berumur dua tahun, tiga tahun, dan seterusnya (Kidd, 1995). Pada pertengahan tahun (5-10 tahun), tubuh terbentuk sepenuhnya. Seluruh organ dalam telah berkembang sepenuhnya, dan proporsi fisik sudah tetap (Edwards, 2002). Kuda pada umumnya dewasa pada umur enam tahun. Jika kuda memiliki kehidupan kerja yang panjang, kuda jangan dipaksa bekerja keras sampai kuda telah dewasa tubuh. Seekor kuda mulai menjadi tua ketika telah berumur sekitar 15 tahun. Pada saat tua, sistem tubuhnya bekerja kurang efisien daripada sebelumnya. Kuda akan kehilangan kekuatan dan tidak bisa bekerja keras seperti ketika kuda tersebut masih muda, tetapi kuda masih akan sehat selama beberapa tahun, asalkan diberikan pakan yang sesuai, teratur, olahraga ringan dan juga perlindungan pada musim dingin (Kidd, 1995).

Daftar Pustaka
Blakely, J. & D. H. Bade. 1994. Ilmu Peternakan. Edisi keempat. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Bogart, R. & R. E. Taylor. 1977. Scientific Farm Animal Production. Burgess Publishing Company, Minnesota.
Parakkasi, A. 1986. Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Monogastrik. Universitas Indonesia Press, Jakarta.
Kidd, J. 1995. Horses and Ponies of The World. Ward Lock, London.



loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:03

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...