Kebutuhan Nutrisi Kuda

Posted by

Kebutuhan Anak Kuda
Kuda muda, anak kuda yang bertumbuh harus diberi makan untuk tumbuh dengan baik setelah penyapihan tetapi tidak digemukkan. Ketika tersedia padang rumput yang baik, maka sebagian besar akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan. Sejumlah kecil butir-butiran dapat diberikan ketika hewan muda di pastura sedang makan jerami yang berkualitas baik. Garam mineral mikro harus disediakan setiap saat dan air bersih juga sangat penting (Bogar dan Taylor, 1977). Pertumbuhan merupakan dasar produksi kuda. Hal ini dikarenakan kuda berpenampilan tidak baik, atau memiliki kecepatan dan ketahanan yang diperlukan jika pertumbuhan mereka terhambat atau kerangka mereka telah rusak akibat ransum yang tidak memadai selama usia dini. Persyaratan ini menjadi semakin penting ketika kuda dipaksa untuk penggunaan awal, seperti pelatihan dan balap kuda berumur dua tahun. Anak kuda yang agak bebas diberi pakan juga tidak akan mencapai bentuk tubuh yang diinginkan, bahkan jika mereka mendapat makanan yang baik dikemudian hari. Hal ini sangat penting diperhatikan untuk bibit muda yang akan dijual atau ditampilkan (Ensminger, 1991).
Pertumbuhan anak kuda tidak hanya bertambah besar dan berat, namun organ dan jaringan dalam tubuh juga berkembang. Anak kuda yang baru lahir tumbuh dengan sangat pesat, dan laju pertumbuhan menurun ketika kuda mencapai kematangan. Kecenderungan pertumbuhan dan perkembangan menentukan kebutuhan kuda atas energi, protein, mineral dan vitamin (Pilliner, 1992).

Kebutuhan Energi Kuda Laktasi
Jumlah energi yang diperlukan kuda laktasi akan tergantung pada seberapa banyak susu yang diproduksi dan komposisi susu. Tidak diragukan bahwa kebutuhan energi untuk induk menyusui jauh lebih besar daripada untuk kebuntingan, atau 15 kali lebih besar. Kebutuhan energi harian kuda menyusui anaknya mendekati seekor kuda dalam medium untuk kerja keras; yaitu seekor kuda 500 kg akan memerlukan tambahan 50 MJ DE per hari diatas kebutuhan pemeliharaannya. Kalsium dan fosfor yang dibutuhkan untuk memproduksi susu secara substansial meningkatkan kebutuhan kuda terhadap kedua mineral tersebut (Pilliner, 1992). Susu yang diproduksi kuda laktasi sebanyak 5 kg tiap 100 kg bobot badan (Oftedal et al., 1983).
Produksi susu pada kuda laktasi menambah kebutuhan nutrien protein dan kalsium (Ca), karena susu merupakan sumber utama kedua nutrien tersebut. Sebagai contoh, kebutuhan protein (gram/hari) untuk induk diawal laktasi adalah dua kali kuda biasa dan kebutuhan Ca tiga kali kuda biasa. Berdasarkan total bahan kering, ransum yang diberikan pada induk kuda diawal laktasi harus mengandung 13% protein, 0,5% Ca, dan 0,34% P (Pond et al., 1995).
Kebutuhan Nutrisi Kuda Tua
Gigi kuda tua perlu diperhatikan, kehilangan gigi atau pembentukan pinggiran yang tajam dapat menyebabkan ketidaknyamanan, yang nantinya menyebabkan kerusakan kondisi. Sehingga kuda tua membutuhkan makanan yang mudah untuk dikunyah; jerami dan gandum tidak akan cocok untuk gigi kuda tua dan tidak akan dapat memproses makanan yang cukup untuk memungkinkan pencernaan yang memadai (Pilliner, 1992).

Sumber :
Blakely, J. & D. H. Bade. 1994. Ilmu Peternakan. Edisi keempat. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Bogart, R. & R. E. Taylor. 1977. Scientific Farm Animal Production. Burgess Publishing Company, Minnesota.
Ensminger, M. E. 1991. Animal Science. Animal Agriculture Series. Ninth Edition. Interstate Publishers, Inc. Danville, Illinois.
Pilliner, S. 1992. Horse Nutrition and Feeding. Blackwell Science Ltd, London.
Oftedal, O. T., Hints, H. F., & Schryver, H. F. 1983. Lactation in the horse: milk composition and intake by foals. Journal of Nutrition 113, 2096-2106.
Pond, W. G., D. C. Church, & K. R. Pond. 1995. Basic Animal Nutrition and Feeding. Fourth Edition. John Wiley & Sons. Inc., United States.


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:56

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...