Latihan Untuk Kuda

Posted by

Kuda membutuhkan latihan untuk menjaga kesehatannya sama halnya dengan atlet lainnya. Tindakan tersebut memberikan kesempatan bagi kuda untuk merelaksasikan otot-otot yang tegang setelah hari-hari kerja yang dijalani sebelumnya dan akan sangat berpengaruh terhadap psikologis kuda tersebut berkaitan dengan kelanjutan program latihan yang akan diberikan. Perlakuan latihan yang tidak tepat akan menyebabkan luka pada otot maupun tulang bagi kuda atlet (Tim Karya Tani Mandiri, 2010). Agar kondisi fisik kuda tetap prima, keadaan cuaca juga perlu dipertimbangkan pada saat akan menjalani latihan. Hal ini agar terjadi keseimbangan antara temperatur tubuh dan lingkungan. Selain itu, kenyamanan lapangan tempat kuda akan menjalani latihan hendaklah terjamin dari berbagai kemungkinan adanya faktor penyebab kecelakaan. Penguasaan temperamen kuda juga diperlukan agar kuda menuruti setiap perintah yang diberikan penunggang, tetap tenang pada saat disaksikan orang banyak dan harus mempunyai insting untuk suka berlari-lari, melompat, dan bermain. Seluruh tubuh (tulang, otot, kaki, dan tulang belakang) kuda harus dapat bergerak dengan luwes, alami serta dinamis (Tim Karya Tani Mandiri, 2010).

Umbaran yang luas memberikan kemungkinan bagi anak kuda dapat tumbuh dengan sempurna dan dapat mengembangkan otot-ototnya yang diperlukan kemudian sebagai kuda pacu dan kuda olahraga. Induk kuda dan anaknya memerlukan tempat umbaran yang agak luas, karena anaknya harus membiasakan diri berlari. Anak kuda sampai umur dua tahun memerlukan tempat umbaran cukup luas, karena di tempat itulah proses pertumbuhannya dibentuk. Dengan berlari akan menumbuhkan otot-otot, sehingga pada saat yang diperlukan ia akan menjelma sebagai kuda pacu atau kuda olahraga tangguh (Suharjono, 1990).

Latihan pertama yang dilakukan untuk kuda yang belum bisa ditunggangi yaitu lungeing. Lungeing (longser), kadang dikenal sebagai longeing, adalah sarana pelatihan yang sangat berguna. Ketika melongser kuda, kuda bergerak disekitar pawang dalam lingkaran. Pawang mengendalikan kuda dengan menggunakan alat bantu yang meminta dia untuk bergerak lebih cepat atau lebih lambat, tikungan di lingkaran atau bergerak lebih dekat atau lebih jauh (Wikihow, 2010). Kegiatan ini membantu kuda untuk menjaga keseimbangannya dan mendorongnya untuk berkonsentrasi pada apa yang sedang dilakukan bukan yang terjadi di luar (Coldrey dan Coldrey, 1990). Lungeing sebelum menunggangi kuda dapat menurunkan resiko terjatuh, sehingga meningkatkan keselamatan. Namun, lungeing yang tidak benar bisa sangat berbahaya bagi kuda dan penunggangnya (Wikihow, 2010).

Sumber :
Coldrey, C. & V. Coldrey. 1990. Breaking and Training Young Horses. The Crowood Press Ltd, Wiltshire.
Suharjono, U. 1990. Kuda. Yayasan Pamulang Equestrian Centre, Jakarta.
Tim Karya Tani Mandiri. 2010. Pedoman Budidaya Beternak Kuda. Nuansa Aulia, Bandung.
Wikihow. 2010. Lunge a Horse. http://www.wikihow.com/Lunge-a-Horse. [8 November 2010].


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:20

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...