Pakan Hijauan dan Konsentrat Untuk Kuda

Posted by

Makanan pokok bagi kuda adalah rumput. Ada bermacam-macam jenis rumput yang dapat diberikan kepada kuda, diantaranya Panicum muticum, Brachiaria mutica dengan ketinggian 1,20 m dan bermacam-macam jenis rumput yang tumbuh di mana-mana dengan ketinggian 40 cm yang biasa diarit untuk makanan ternak. Dengan makan rumput saja kuda sudah dapat hidup, tetapi untuk mencapai prestasi maka kuda diberikan makanan tambahan berupa konsentrat. Konsentrat terdiri dari jagung, gabah dan kacang-kacangan (kacang hijau atau kedelai). Selain rumput dan konsentrat juga diberi vitamin dan mineral (Suharjono, 1990).

Hijauan merupakan bahan pakan yang berasal dari tumbuhan yang ditanam di tanah, dirawat untuk menjadi pakan ternak. Beragam bentuk hijauan yang umum yaitu pada pastura, dalam bentuk hijauan segar yang telah dipotong-potong, hay (hijauan kering), silase, dan haylase. Untuk pakan kuda, hijauan yang paling penting yaitu dalam bentuk segar di pastura dan dalam bentuk hay (Templeton, 1979). Kualitas pakan kuda dipengaruhi oleh spesies tumbuhan tersebut, kesuburan tanah, dampak iklim (seperti suhu dan kelembaban), dan juga yang tidak kalah pentingnya yaitu umur panen tumbuhan (NRC, 1989). Hijauan untuk kuda harus bebas toksin dan bebas dari bahan lain yang berbahaya bagi kuda.

Konsentrat atau sereal biji-bijian merupakan pakan utama yang menjadi sumber energi, dan seluruh jenis biji-bijian kemungkinan bermanfaat bagi kuda. Oats, biji-bijian tradisional untuk kuda, tinggi kandungan serat, namun energi yang tercerna (digestible energy) rendah, dan bobotnya ringan dibanding biji-bijian yang lain. Untuk anak kuda dan kuda tua yang giginya keropos, sebaiknya mengunyah oats. Jagung merupakan sumber energi yang sempurna untuk kuda. Kandungan protein pada jagung rendah namun digestible energy (DE) lebih tinggi daripada oats (NRC, 1989).

Sumber :
NRC. 1989. Nutrient Requirements of Horse. 5th Revised Edition. National Academy Press, Washington.
Suharjono, U. 1990. Kuda. Yayasan Pamulang Equestrian Centre, Jakarta.
Templeton, W. C. 1979. Forages for horses. Proc. Annu. Ky. Horsemen’s Shortcourse 3:81.


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:03

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...