Ikan Bawal (Collossoma macropomum)

Posted by

Klasifikasi dan tatanama ikan bawal air tawar menurut Saanin (1984) adalah sebagai berikut:
Filum : Chordata
Subfilum : Craniata
Kelas : Pisces
Subkelas : Neopterigii
Ordo : Cypriniformes
Subordo : Cyprinoidea
Famili : Characidae
Genus : Colossoma
Spesies : Colossoma macropomum

Ikan bawal air tawar termasuk dalam golongan Brazilian spesies yang memiliki nama lain Tambaqui (Webster and Lim, 2002). Ikan ini memiliki gigi yang tajam dan termasuk dalam golongan omnivor. Webster and Lim (2002) mengatakan bahwa ikan bawal air tawar memiliki tapis insang yang panjang (long gill rackers) sehingga mampu secara efisien mengkonsumsi pakan alami yang tersedia di perairan.


Ikan bawal memiliki beberapa keistimewaan antara lain pertumbuhannya yang cukup cepat, nafsu makanya yang tinggi, dan memiliki ketahanan tubuh yang baik dalam lingkungan yang kurang baik. Djarijah (2001) menambahkan bahwa pada kondisi perairan dengan kandungan oksigen terlarut kurang dari 0,5 mgO2/liter ikan ini mampu bertahan hingga beberapa jam. Keistimewaannya tersebutlah yang membuat banyak petani ikan membudidayakannya. Selain itu ikan ini memiliki rasa daging yang cukup enak dan gurih sehingga menjadikannya sebagai salah satu ikan konsumsi yang banyak diminati oleh masyarakat.

Sumber :
Saanin, H. 1984. Taksonomi dan Kunci Identifikasi Ikan. Binacipta : Bandung
Webster, C.D and C. Lim. 2002. Nutrien Requirement and Feeding of Finfish for Aquaculture. Aquaculture Research Center. Kentucky State University
Djarijah, A. S. Budidaya Ikan Bawal. Kanisius : Yogyakarta


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:19

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...