Habitat dan Distribusi Ikan Belida

Posted by

Ikan belida hidup di daerah banjiran dan sungaisungai yang dipengaruhi pasang surut (Direktorat Bina Sumberhayati 1990). Selain itu, ikan belida dapat hidup di perairan rawa (floodplain) yang memiliki kualitas air yang kurang baik, khususnya kadar oksigen terlarut rendah, karena ikan belida memiliki alat bantu pernapasan berupa labirin (Wibowo dan Sunarno 2006).


Organisme air dapat menjalankan proses kehidupan secara normal sepanjang habitatnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Kesesuaian habitat berkaitan erat dengan kualitas habitat dan salah satu yang menentukan kualitas habitat akuatik adalah volume air (Walks et al. 2000 in Wibowo dan Sunarno 2006), sehingga ketika terjadi musim hujan, kualitas perairan rawa sedikit meningkat karena terjadi penambahan volume air. Selain itu, penambahan volume air di perairan rawa juga menyebabkan tersedianya banyak makanan dan memberikan  keadaan yang baik untuk strategi reproduksi ikan (Welcomme 1979 in Wibowo dan Sunarno 2006).

Sebagian besar ikan belida cenderung tinggal di perairan sungai dan sebagian lagi di tempattempat terdalam yang tergenang air, pada saat debit air kecil di musim kemarau, sedangkan pada saat air melimpah di musim hujan ikan belida menyebar ke rawa banjiran dan persawahan baik untuk memijah maupun untuk mencari makan (Adjie & Utomo 1994). Gambaran kondisi kualitas perairan yang banyak dijumpai ikan belida, yang paling tidak merupakan habitat ikan belida yaitu:







Sumber :
Direktorat Bina Sumberhayati. 1990. Identifikasi dan penyebaran beberapa jenis sumberdaya ikan air tawar di perairan umum Indonesia. Direktorat Jenderal Perikanan. Jakarta.

Wibowo A & Sunarno MTD. 2006. Karakteristik habitat ikan belida (Notopterus chitala). Bawal‐Widya Riset Perikanan Tangkap. 1(1):19‐24.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:09

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...