Klasifikasi dan Karakteristik Ikan Belida

Posted by

Klasifikasi ikan belida (Chitala lopis) menurut Bleeker (1851) in www.fishbase.com adalah sebagai berikut :
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Notopteridae
Genus : Chitala
Spesies : Chitala lopis (Bleeker 1851)
Sinonim : Notopterus chitala


Nama lokal : Pangaju (Jawa), Lopis (Jawa Barat), Belidah/Blidah (Kalimantan Barat), Pipih (Kalimantan Selatan) (Schuster & Djajadiredja 1952), Belido (Palembang) (www.dkp.go.id)
Nama umum : Giant featherback

Ikan belida merupakan spesies ikan air tawar yang menghuni perairan umum di Indonesia. Ikan belida tergolong ikan purba dengan bentuk tubuh yang unik. Ikan belida menjadi hewan maskot dan bahan utama makanan tradisional masyarakat Sumatera Selatan seperti kerupuk dan empekempek (Wibowo dan Sunarno 2006).

Ikan belida memiliki bentuk kepala cekung pada bagian yang dekat punggung, rahang semakin panjang sesuai dengan meningkatnya umur, hingga jauh melampui batas belakang mata. Sisik preoperkulum lebih dari 10 baris, 117127 jarijari pada sirip dubur, 4349 pasang duri kecil di sepanjang perut. Pola warna berkisar dari 3 fase yaitu fase maculosus (150270 mm), seluruh badan ditutupi bintik bulat kecil. Banyak baris miring berbintikbintik pada sirip dubur dan badan bagian belakang, dan sebuah bintik hitam pada pangkal sirip badan (fase borneensis, 300600 mm). tidak ada tandatanda lain kecuali bintik hitam pada pangkal sirip dada (fase hypselonotus, > 600 mm); beberapa spesimen tidak memiliki tandatanda pada badan (fase lopis, kisaran ukuran tidak dikenal) (Kottelat, et al. 1993).

Ikan belida memiliki bentuk tubuh simetri bilateral, kepala kecil dan bungkuk di bagian tengkuk. Sirip ekor langsung bersambungan dengan sirip anal. Mulut dapat disembulkan dengan posisi terminal. Posisi sirip perut terhadap sirip dada abdominal. Sirip dorsal kecil seperti bulu. Tubuh agak licin, bagian atas kehitaman agak kelabu sedangkan bagian bawah keperakan. Garis sisi (linea lateralis) satu buah, lengkap dan tidak terputus (Direktorat Bina Sumberhayati 1990).

Sumber :

Direktorat Bina Sumberhayati. 1990. Identifikasi dan penyebaran beberapa jenis sumberdaya ikan air tawar di perairan umum Indonesia. Direktorat Jenderal Perikanan. Jakarta.
Kottelat MSN, Kartikasari JW, Anthony & Soetikno W. 1993. Freshwater fishes of Western Indonesia and Sulawesi. Periplus Editions Limited Press. 293 hlm.
Schuster WH & Djajadiredja RR. 1952. Local common name of Indonesian fishes. W.Van Hoeve. Bandung. p. 237.
Wibowo A & Sunarno MTD. 2006. Karakteristik habitat ikan belida (Notopterus chitala). BawalWidya Riset Perikanan Tangkap. 1(1):1924.
www.fishbase.com. Chitala lopis. [terhubung berkala]. http://fishbase.com/Summary/ speciesSummary.php?ID=8765&genusname=Chitala&speciesname=lopis [24 Feb 2009].


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:05

1 komentar:

  1. Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi saja MBAH RAWA GUMPALA di 085==316==106==111




    (((( BUKA BLO DANA GHAIB DAN NOMOR GHAIB MBAH RAWA GUMPALA ))))







    Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi saja MBAH RAWA GUMPALA di 085==316==106==111

    ReplyDelete

Artikel Berkaitan

loading...