Manur Ayam Petelur

Posted by

Manur merupakan produk sisa yang masih banyak mengandung komponen zat makanan yang dalam saluran pencernaan belum sempat dicerna atau diserap serta ditambah sisa dari hasil metabolisme. Manur ayam memiliki ciri khas bila dibandingkan dengan manur ternak lain karena feses ayam bercampur dengan urinnya. hal ini disebabkan saluran pembuangan atau saluran eksresi pada ayam terletak dalam satu muara yaitu kloaka (Muller, 1980). Biro Pusat Statistik (2002) melaporkan bahwa populasi ayam petelur mengalami peningkatan sebesar 8% dari tahun 2001 ke 2002, dan produksi manur per ekor per hari sebanyak 120 gram. Sekitar 100.000 ayam petelur yang berada dalam kandang baterai memproduksi manur sekitar 12 ton perhari (Boushy dan Van der Poel, 1997).

Jumlah dan komposisi manur yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh umur, jenis dan makanan (Malone, 1992). Tabbu dan Hariono (1993) memperkirakan bahwa jumlah manur ayam yang dihasilkan per ekor ayam per hari adalah 0,15 kg dengan komposisi 1,7% nitrogen (N); 0,16 % pospor (P) dan 0,58% kalium (K). Perkiraan produksi dan komposisi buangan segar ternak ayam dapat dilihat pada Tabel.


 

Muller (1980) berpendapat bahwa manur ayam biasanya mengandung protein kasar 30% dengan kisaran antara 18-40% dan jumlah tersebut 37-45% merupakan protein murni, 28-55% asam urat, 8-15% amonia, 3-10% urea dan nitrogen lainnya. keberadaan asam urat dalam manur unggas dapat menjadi indikator kualitas protein dalam pakan. Kadar asam urat yang rendah dalam manur menunjukkan tingginya tingkat pemanfaatan nitrogen dalam tubuh (Miles dan Featherson, 1976).


Sumber :

Biro Pusat Statistik. 2002. Statistik Peternakan. Biro Pusat Statistik, Jakarta.
Boushy, A. R. Y. E. dan A. F. B. Van der Poel. 1997. Poultry Feed from Waste. Chapman and Hall. London. Weinheim. New York.
Malone, G. W. 1992. Nutrient enrichment in integrated broiler production system. Poult. Sci. 71: 1117-1122.
Miles R. D. dan W. R. Featherson. 1976. Uric acid excretion by the chick as an indicator of dietary protein quality. Poult. Sci. 55: 98-102.
Muller, Z. O.1980. Feed from Animal Waste: State of Knowledge. Food and Agriculture Organization of The United Nation. Rome.

Tabbu, C. R. dan B. Hariono. 1993. Pencemaran lingkungan oleh limbah peternakan dan cara mengatasinya. Ayam Sehat.18: 7-9.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:18

1 komentar:

  1. Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi saja MBAH RAWA GUMPALA di 085==316==106==111




    (((( BUKA BLO DANA GHAIB DAN NOMOR GHAIB MBAH RAWA GUMPALA ))))







    Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi saja MBAH RAWA GUMPALA di 085==316==106==111

    ReplyDelete

Artikel Berkaitan

loading...