Penggunaan Zeolit dalam Bidang Peternakan

Posted by

Zeolit adalah sejenis batuan yang mengandung beberapa mineral. Nama zeolit diambil dari bahasa yunani, yaitu zein yang berarti membuih dan lithos yang berarti batu. Nama ini disesuaikan dengan sifat mineral yang bersangkutan, yaitu akan membuih bila dipanaskan dalam tabung terbuka pada temperatur antara 100oC hingga 350oC (Harjanto, 1983). Mineral zeolit sudah ditemukan sejak tahun 1756 oleh seorang ahli mineralogi Swedia Freihern Axel Fredrick Cronsted. Sejak saat itu lebih dari 45 zeolit sintesis sudah dibuat di laboratorium (Holmes dan Pecover, 1987).

Potensi penggunaan zeolit sangat baik untuk dikembangkan di Indonesia, karena sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari batuan vulkanik atau rempah-rempah gunung berapi, termasuk batuan piroklastik berbutir halus (tufa) yang merupakan sumber mineral zeolit (Harjanto, 1983). Indonesia berada dalam wilayah rangkaian gunung api mulai dari Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku sampai Sulawesi. Secara geologi Indonesia berpotensi besar menghasilkan zeolit seperti yang terdapat di Sumatera (Lampung), Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur), Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi. Zeolit yang telah dieksploitasi dan digunakan untuk keperluan berbagai industri diantaranya dijumpai di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur (Kartawa dan Kusumah, 2006).

Menurut Harjanto (1983), dalam bidang peternakan, mineral zeolit dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan antara lain : (a) mengurangi bau kotoran dan mencegah pencemaran udara, (b) menciptakan lingkungan sehat bagi ternak dan masyarakat sekitar, (c) mengatur derajat kekentalan kotoran ternak, (d) meningkatkan mutu pupuk kandang (pupuk organik) yang berasal dari kotoran ternak yang bersangkutan, (e) memurnikan gas metan yang dihasilkan oleh pembusukan kotoran ternak yang dipelihara.

Azhari dan Murdiati (1997) melaporkan bahwa penaburan zeolit 15 dan 30% menyebabkan konsentrasi gas amonia yang terbentuk dari manur ayam nyata lebih rendah (p<0 0="" 10="" 15="" 30="" 6="" 8="" akan="" amonia="" ayam="" bahwa="" berkurangnya="" besar="" dalam="" dan="" dengan="" dibandingkan="" gas="" hal="" hari="" hasil="" hingga="" ini="" kadar="" ke="" kelembaban="" konsentrasi="" kontrol="" lama.="" lebih="" manur="" masing-="" masing-masing="" masing="" menunjukkan="" menyebabkan="" o:p="" p="" pada="" penaburan="" pengamatan.="" rendah.="" rendah="" semakin="" terbentuk="" tinggi="" tingkat="" waktu="" yang="" zeolit="">

Sumber :
Azhari dan T. B. Murdiati. 1997. Pengaruh penaburan zeolit dan klorin terhadap pengurangan dampak negatif manur ayam. Jurnal Teknologi dan Kesehatan. Lembaga Penelitian Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh, Darussalam. Hal 66-67.
Harjanto, S. 1983. Bahan Galian Zeolit , Penggunaan dan Penyebarannya di Indonesia. Direktorat Sumber Daya Mineral, Direktorat Jenderal Pertambangan Umum. Departemen Pertambangan dan Energi.
Holmes, G. G. and S. R. Pecover. 1987. Natural Zeolitean Information Package for Exploration and Development in New South Wales. NSW Geological Survey Report 1987/145. Department of Mineral Resource, Sydney, NSW.
Kartawa, W. dan K. D. Kusumah. 2006. Potensi zeolit di daerah sangkaropi-mendila, tana toraja, sulawesi selatan. http://www.grdc.esdm.go.id/index.php?option=com_content& task=view=&id=41&itemid=30. [24 Januari 2007].



loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20:07

1 komentar:

  1. Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi saja MBAH RAWA GUMPALA di 085==316==106==111




    (((( BUKA BLO DANA GHAIB DAN NOMOR GHAIB MBAH RAWA GUMPALA ))))







    Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi saja MBAH RAWA GUMPALA di 085==316==106==111

    ReplyDelete

Artikel Berkaitan

loading...