Keberhasilan Usaha Peternakan Ayam Broiler

Posted by

Faktor-faktor produksi yang digunakan dalam produksi ayam broiler terbagi menjadi dua, yaitu faktor produksi tetap dan faktor produksi variabel. Faktor produksi tetap terdiri dari lahan, kandang, dan peralatan. Sedangkan faktor produksi variabel terdiri dari DOC, Pakan dan obat-obatan, sekam, tenaga kerja, vaksin dan vitamin. (Zulkarnaen, 2013)

Lahan
Lokasi sebuah peternakan merupakan pondasi dari keberhasilan sebuah peternakan. Jika yang lain, seperti pakan,obat, vitamin, vaksin dan jenis ayam dapat diganti-ganti dalam perjalanan peternakan, tetapi lokasi tidaklah mudah untuk berganti atau berpindah. Oleh sebab itu, seorang peternak harus memahami dengan baik syarat sebuah lokasi layak untuk dijadikan sebuah peternakan.
Menurut Zulkarnaen, 2013 Hal ini patut untuk dipertimbangkan dalam memilih lokasi peternakan ayam broiler adalah:
1. Lokasi kandang ayam broiler harus jauh dari pemukiman penduduk minimal 500 meter dan peternakan lain minimal 1 Km.
2. Lahan yang digunakan harus terbuka (bebas dari pohon dan bangunan lain) agar tidak mengganggu aliran udara ke kandang.
3. Memiliki sumber air yang baik, air bisa didapat dari air tanah atau air berlangganan di perusahaan air (PDAM)
4. Jalur atau jalan yang baik untuk transportasi, pengantaran pakan, DOC, dan panen ayam adalah contoh dari proses peternakan yang membutuhkan peran jalur dan jalan yang baik untuk tranportasi. Lokasi peternakan tidak perlu terlalu dekat dengan jalan raya, yang penting mudah dijangkau.
5. Ketersediaan listrik. Lokasi harus terletak di tempat yang memiliki saluran listrik (PLN). Disarankan sebuah peternakan juga memiliki diesel atau pembangkit listrik lain selain dari PLN.
6. Lokasi yang udaranya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Udara yang sedang akan mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan ayam. Dengan udara yang sedang, jumlah kematian ayam akan lebih sedikit dibandingkan beternak di lokasi yang panas atau dingin.
7. Lokasi sebaiknya di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian, hal ini untuk menghindari ayam agar tidak mudah stress.

Kandang dan Peralatan
Kandang memegang peranan penting dalam sebuah peternakan ayam broiler. Untuk memulai sebuah peternakan, seorang peternak harus menyediakan kandang yang sesuai. Kandang diatur sedemikian rupa untuk tempat DOC yang baru datang, sampai ayam siap panen (Fadilah, 2004).

Tipe kandang
1. Kandang dengan ventilasi yang tidak bisa dikontrol
Kandang dengan bentuk seperti ini disebut dengan kandang terbuka (open sided house). Bentuk kandang yang cocok digunakan untuk memelihara ayam broiler komersial di daerah tropis sebagai berikut.
a) Kandang panggung
Keunggulan dari kandang panggung adalah ventilasinya bisa berfungsi lebih baik dibandingkan dengan kandang postal. Udara bisa masuk dan keluar melalui ventilasi dari arah bawah dan samping kandang. Sirkulasi udara di dalam kandang menjadi lebih baik, akibatnya temperature didalam kandang relative lebih rendah dan ayam merasa lebih nyaman.
b) Kandang postal(sistem litter)
Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan jika ingin membangun kandang postal, kandang harus dibangun dilahan terbuka sehingga udara bisa masuk ke dalam kandang secara lancar. Lantai kandang sebaiknya terbuat dari semen, tujuannya agar mudah dibersihkan dan mempermudah proses sanitasi.

2. Kandang dengan ventilasi yang bisa dikontrol
Kandang tipe ini dikenal juga dengan istilah kandang tertutup (closed house), beberapa keuntungan dari kandang tertutup:
a) Meningkatkan kepadatan ayam tanpa mendirikan bangunan baru.
b) Ayam lebih tenang, segar, dan nyaman.
c) Udara yang tersedia lebih baik.
d) Meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan.
e) Mengurangi jumlah tenanga kerja.
f) Temperature dalam kandang lebih dingin.
g) Ayam tidak terpengaruh cuaca dari luar kandang.

Peralatan yang digunakan untuk produksi terdiri dari tempat pakan, tempat minum, mesin air, lampu, terpal, thermometer, serta peralatan lain seperti ember, sekop, selang plastik, tali dan timbangan. Tempat pakan yang digunakan berbentuk round feeder yang terbuat dari bahan plastik. Satu buah tempat pakan ukuran besar dengan kapasitas 5 kg dapat digunakan untuk kurang lebih tiga puluh ekor ayam. Tempat minum yang digunakan adalah tempat minum dengan kapasitas dua galon yang digunakan untuk tiga puluh ayam. Perbandingan penggunaan tempat pakan dengan tempat minum di dalam kandang adalah 1:1 artinya setiap 2 m2 terdapat satu buah pakan dan satu buah tempat minum yang berjarak 1 meter. Alat pemanas yang berfungsi untuk mempertahankan suhu kandang selalu dalam keadaan hangat. Thermometer berfungsi untuk mengontrol temperatur di dalam kandang agar suhu ayam tetap stabil dan pertumbuhan ayam tidak terganggu (Zulkarnaen, 2013).

DOC
Day Old Chick (DOC) adalah komoditas unggulan perunggasan hasil persilangan dari jenis-jenis ayam berproduktivitas tinggi yang memiliki nilai ekonomis tinggi (Fadilah, 2004). Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh komoditas ini adalah memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. DOC merupakan factor produksi utama dalam usaha ternak ayam broiler. Beberapa ciri DOC yang berkualitas baik diantaranya adalah bebas dari penyakit, bobot tidak kurang dari 37 gram, DOC terlihat aktif, berbulu cerah, kakinya besar dan basah, tampak segar, tidak ada cacat fisik, dan tidak ada lekatan tinja di duburnya.

Pakan
Pakan merupakan faktor produksi utama dalam proses budidaya ayam broiler. Pakan memiliki kontribusi paling besar dalam pengeluaran untuk biaya produksi. Dimana efisiensi penggunaan pakan dapat diukur dengan nilai Feed Convertion Ratio (FCR). Jika nilai yang dihasilkan lebih besar dari nilai FCR standar akan menyebabkan rendahnya hasil panen sehingga berpengaruh terhadap keuntungan.

Obat – obatan, Vaksin dan Vitamin.

Salah satu factor produksi yang digunakan untuk menjaga kesehatan ayam broiler dari penyakit-penyakit yang mungkin muncul atau apabila sudah terkena penyakit ayam dapat sembuh kembali dan untuk menjaga kualitas ayam broiler. Penggunaan obat-obatan sangat mudah yaitu dengan air minum, suntikan dan melalui ransum. Faktor yang perlu diperhatikan ketika melakukan vaksinasi adalah kondisi ayam, kondisi cuaca, jadwal vaksin dan laporan kegiatan vaksin.

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 13:45

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...