Pakan Limbah Nanas Sebagai Sumber Serat Ternak

Posted by

Jumlah produksi buah nanas secara nasional mencapai 702 ribu ton per tahun dan sebagian besar disumbang oleh lima wilayah utama penghasil nanas yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat dan Jawa Timur (Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan 2009). Jumlah limbah buah nanas mencapai 70 % dari total produksi buah nanas. Kulit buah nanas mengandung 81.72 % air, 20.87 % serat kasar, 17.53 % karbohidrat, 4.41 % protein kasar dan 13.65 % gula reduksi (Novitasari 2008).

Menurut Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (2009) berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa limbah nanas sangat disukai oleh ternak sapi perah, sapi potong, kambing dan domba dengan penggunaan ransum dapat mencapai 75 %, sedangkan pada ternak unggas mencapai 20 %. Hasil penelitian Ginting (2009) melaporkan bahwa tingkat konsumsi limbah nanas yang diberikan sebagai pakan tunggal mencapai 332 g h-1 pada kambing fase tumbuh yaitu setara dengan 2.5 % bobot badan. Penggunaan limbah nanas sebagai pengganti rumput dalam pakan komplit dengan taraf substitusi berkisar antara 25 sampai 100 % menghasilkan konsumsi pakan berkisar antara 564 sampai 584 g h-1 setara dengan 3.4 % bobot badan. Dengan demikian silase limbah nanas dapat digunakan sebagai pengganti rumput (Ginting et al. 2007).

Kulit nanas juga dapat dimanfaatkan dalam proses pengempukkan daging dengan cara perendaman. Purnamasari et al. (2014) menyatakan  bahwa perendaman daging ayam petelur afkir dalam ekstrak kulit nanas (Ananas comosus L. Merr) dengan konsentrasi 100 % mampu meningkatkan kadar protein yang tertinggi, menurunkan kadar air dan kadar pH daging ayam petelur afkir yang terendah. Zulfahmi et al. (2013) melaporkan bahwa daging itik tegal afkir yang dimarinasi dengan ekstrak kulit nanas dapat memberikan keempukkan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa dimarinasi ekstrak kulit nanas. Utami et al. (2011) menyatakan bahwa penambahan ekstrak nanas terhadap daging itik afkir memberikan nilai keempukkan yang lebih tinggi.


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20:05

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...