Prebiotik untuk Unggas

Posted by

Prebiotik adalah nondigestible food ingredient yang berpengaruh baik terhadap inang dengan memicu aktivitas pertumbuhan terhadap satu atau lebih mikroorganisme yang terdapat di kolon. Prebiotik pada umumnya berupa karbohidrat kompleks yang tidak tercerna dan tidak diserap, biasanya dalam bentuk oligosaccaride (oligofruktose) dan inulin (Sudarmo et al., 2002) dan memberikan manfaat positif bagi tubuh karena secara selektif menstimulir pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik dalam usus besar (Gibson dan Roberfroid, 1995) serta tidak dapat dicerna oleh ternak berperut tunggal (monogastrik) seperti ayam atau babi. Serat tersebut dapat menjadi pemicu untuk peningkatan bakteri yang menguntungkan bagi ternak seperti Lactobacillus dan Bifidobacteria. Karbohidrat yang mempunyai sifat prebiotik adalah golongan oligosakarida seperti Frukto oligosakarida (FOS) dan Galakto oligosakarida (GOS).

Ada beberapa urutan dalam menggolongkan komponen prebiotik, yaitu: (1) Prebiotik harus tidak dapat dihidrolisa maupun diserap dalam bagian saluran gastrointestinal sehingga dapat mencapai kolon tanpa mengalami perubahan struktur dan tidak diekskresikan dalam feses (Grizard dan Barthomeuf, 1999), (2) Berperan sebagai substrat yang secara selektif dapat menstimulir aktivitas atau pertumbuhan dari satu atau jumlah koloni bakteri yang menguntungkan, (3) Mampu mengubah koloni mikroflora menjadi komposisi yang menguntungkan kesehatan (Roberfroid, 2000), dan (4) Berpengaruh pada luminal atau sistem yang menguntungkan yang memiliki efek kesehatan bagi inangnya (Wahlqvist, 2002).

Karakteristik utama dari prebiotik adalah tahan terhadap enzim pencernaan dalam usus tetapi dapat difermentasi oleh koloni mikroflora, bifidogenik dan tahan terhadap pH rendah. Dengan efek ini prebiotik dapat menghalangi bakteri yang berpotensi sebagai patogen, terutama Clostridium dan untuk mencegah diare. Simbiotik dari kombinasi inulin ditambah oligofruktosa dengan Lactobacillus plantarum ditambah Bifidobacteria bifidum dapat meningkatkan pertumbuhan dari bifidobacteria tetapi dihalangi oleh kemampuan bakteri patogen manusia dari Campylobacter jejuni, Escherichia coli, dan Salmonella enteritidis secara in vitro daripada pengujian karbohidrat lainnya (Vrese dan Marteau, 2007).


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 14:50

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...