Tongkol Jagung sebagai Sumber Prebiotik

Posted by

Prebiotik mempunyai fungsi regulasi terhadap mikro ekosistem mikrobiota probiotik dalam usus sehingga dapat memberikan efek kesehatan pada manusia dan ternak. Sumber prebiotik dapat diperoleh secara alami dari karbohidrat yang mengandung frukto oligosakharida terdapat dalam berbagai sayur dan buah misalnya gandum, bawang bombay, bawang putih, pisang dan akar chicory (Gibson, 1998), serta bahan sumber serat yang berasal dari limbah pertanian seperti tongkol jagung.


Salah satu produk prebiotik komersial yang umum digunakan dalam industri peternakan adalah Fermacto. Fermacto berasal dari fermentasi sempurna Aspergillus sp. yang digunakan sebagai bahan pakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan menyeimbangkan bakteri dalam usus besar dan usus kecil. Kompoisis Fermacto terdiri dari tepung Aspergillus yang telah dikeringkan pada carrier dari proses penyulingan dalam pelarut.

Untuk memperoleh oligosakharida yang akan dipakai sebagai bahan prebiotik dapat dilakukan melalui: (1) ekstraksi langsung polysakharida alami dari tumbuhan, (2) hidrolisis polysakharida alami, (3) sintesis enzimatik dengan menggunakan hydrolase atau glycocyl transferase, kedua enzim tersebut mengkatalisis reaksi transglikosilasi sehingga terjadi oligosakharida sintetik dari mono dan disakharida (Grizard dan Barthomeuf, 1999). Jenis prebiotik menurut McFarlane dan Cummings (1999) antara lain FOS (Fructo oligosakharida), inulin, GOS (Galakto oligosakharida), dan XOS (Xylo oligosakharida).

Beberapa bahan pakan secara alamiah mengandung oligosakharida. Akan tetapi, melalui pakan saja setiap hari tidak mungkin dapat memenuhi jumlah oligosakharida yang dianggap berkhasiat untuk mencegah penyakit, sehingga konsumsi tambahan diperlukan untuk dapat berfungsi mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan.

Download Artikel Lengkap
Performa, Persentase Karkas, Lemak Abdominal, dan Organ Dalam Ayam Broiler yang Diberi Ransum dengan Penambahan Prebiotik dari Tongkol Jagung

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 14:59

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...