Bobot Telur Tetas Itik

Posted by

Lasmini dan Heriyati (1992) menjelaskan bahwa bobot telur itik Alabio dan itik Tegal tidak memberikan pengaruh nyata terhadap fertilitas, namun berpengaruh sangat nyata terhadap daya tetas. Bobot telur pada kelompok medium memberikan daya tetas tertinggi, kemudian menurun pada kelompok large dan terendah pada kelompok small. Lasmini dan Heriyati (1992) menambahkan bahwa bobot telur itik yang lebih besar menghasilkan bobot tetas DOD lebih tinggi daripada telur tetas yang kecil.


Hal ini berhubungan dengan sumber makanan bagi embrio lebih banyak pada telur large daripada medium dan small, sehingga menghasilkan bobot DOD kelompok large lebih besar dari medium dan small. Bobot telur yang optimal untuk ditetaskan adalah ukuran medium. Kelompok large sebagaimana yang disebutkan Lasmini dan Heriyati (1992) adalah kelompok telur dengan bobot 71-80 g/butir, sedangkan kelompok medium adalah kelompok telur dengan bobot 61-70 g/butir dan kelompok small adalah kelompok telur dengan bobot 50-60 g/butir.


Matitaputtyet al. (2011) melaporkan bahwa bobot telur tetas itik Alabio adalah 63,22 g. Hasil penelitianSari (2012) menambahkan bahwa bobot telur antara tetua dan turunan itik Pegagan sebesar 65,32 g dan 65,80 g.Kokoszynski et al. (2007) melaporkan bahwa bobot telur itik Pekin sebesar 80,7 g. Menurut Dharma et al.(2001), bobot telur dipengaruhi galur atau bangsa, umur induk, periode produksi (awal atau menjelang akhir), umur masak kelamin, besar tubuh, banyak telur yang dihasilkan dan kualitas pakan.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 08:38

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...