Faktor Kondisi dan Pertumbuhan Ikan Air Tawar

Posted by

Pola pertumbuhan ikan dapat diketahui dengan melakukan analisis hubungan panjang berat ikan tersebut. Menurut Effendie (1979), pola pertumbuhan terdiri atas: (1) pertumbuhan isometrik, yaitu perubahan terusmenerus yang bersifat seimbang di dalam tubuh ikan dimana pertumbuhan panjang sama dengan pertumbuhan beratnya, dan (2) pertumbuhan allometrik, yaitu perubahan yang tidak seimbang di dalam tubuh ikan dan dapat bersifat sementara. Pada pola pertumbuhan ini, pertumbuhan panjang dapat lebih dominan daripada pertumbuhan berat ataupun sebaliknya.

Menurut Effendie (1997), beberapa jenis ekspresi pertumbuhan ikan antara lain: (1) kecepatan pertumbuhan mutlak, yaitu perubahan ukuran baik berat maupun panjang panjang yang sebenarnya diantara dua umur atau dalam waktu satu tahun, (2) kecepatan pertumbuhan nisbi dirumuskan sebagai persentase pertumbuhan pada tiap interval waktu, dan (3) kecepatan pertumbuhan eksponensial (instantaneous growth rate). Selanjutnya Nikolsky (1963) menyatakan bahwa pengaruh umur terhadap laju pertumbuhan secara umum dapat dibagi atas tiga periode. Periode pertama adalah pertumbuhan awal daur hidup, merupakan masa pertumbuhan yang relatif lambat disebabkan karena penyesuaian makanan dari konsumsi kuning telur ke makanan alami.



Periode kedua adalah perumbuhan ikan muda yang merupakan masa perumbuhan ikan yang cepat dan semakin cepat hingga akhirnya memasuki periode ketiga yang dikenal dengan nama pertumbuhan ikan dewasa dimana pertumbuhan cenderung semakin lambat. Pertumbuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat digolongkan menjadi dua yaitu faktor dalam dan faktor luar. Faktor dalam umumnya sulit dikontrol, diantaranya ialah keturunan, sex, umur, parasit, dan penyakit. Faktor luar yang utama yang mempengaruhi pertumbuhan ialah makanan dan suhu perairan (Effendi, 1997). Faktor kondisi didefinisikan sebagai keadaan atau kemontokkan ikan yang dinyatakan dalam angka-angka berdasarkan pada data panjang dan berat. Faktor kondisi menunjukkan keadaan ikan, baik dilihat dari segi kapasitas fisik untuk bertahan hidup dan reproduksi (Effendi, 1997).
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:16

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...