Ikan Gabus

Posted by

Ikan gabus (Channa striata) adalah ikan air tawar yang menjadi makanan penting di negara-negara Asia Tenggara termasuk India. Habitat ikan gabus tersebar secara luas mulai dari Iran, India, Cina dan Indonesia. Ikan gabus merupakan ikan konsumsi yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi karena kualitas daging yang baik, rendah lemak, memiliki sedikit duri dan berkualitas sebagai obat (Sood et al. 2011; Talpur et al. 2014). Di Indonesia, ikan gabus dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi, baik dikonsumsi secara langsung maupun diawetkan sebagai ikan asin/ikan kering.


Ikan gabus saat ini menjadi komoditas bisnis yang potensial karena banyak diolah menjadi obat dan makanan kesehatan. Ikan gabus berkhasiat obat sudah dikenal sejak lama. Astuti (2011) menggunakan ekstrak ikan gabus untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar dan luka pasca operasi pada pasien di RSU Wahidin Sudirohusodo Makassar. Ikan gabus juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung protein dan albumin yang tinggi. Daging ikan gabung mengandung 70% protein dimana 21% merupakan albumin.


Beberapa hasil penelitian yang menggunakan ikan gabus antara lain: Santiabunga (2006) melaporkan bahwa penambahan tepung ikan gabus mempengaruhi mutu biskuit dan meningkatkan status gizi anak yang gizi kurang. Hidayati (2006) melaporkan bahwa pemberian albumin ikan gabus dapat mempercepat penyembuhan pada pasien pasca bedah di RSU Wahidin Makassar. Salma (2007) melaporkan bahwa pemberian kapsul ikan gabus meningkatkan kadar albumin dan status gizi pada orang dengan HIV/Aids (OdHA). Santoso (2009) melaporkan bahwa ekstrak ikan gabus sangat berpotensi untuk mendukung proses penyembuhan luka dan dapat difungsikan sebagai antioksidan serta dapat menahan penurunan kadar albumin dan aktivitas antioksidan serum akibat pemberian parasetamol dosis tinggi pada tikus percobaan.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:13

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...