Kebiasaan Makanan Ikan

Posted by

Effendie (1979) mengatakan bahwa kebiasaan makanan adalah jenis, kualitas dan kuantitas makanan yang dimakan oleh ikan Kebiasaan makanan ikan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain habitat hidupnya, kesukaan terhadap jenis makanan tertentu, musim, ukuran dan umur ikan.


Nikosky (1963) menyatakan bahwa urutan kebiasaan makan ikan terdiri atas: (1) makanan utama, yaitu makanan yang biasa dimakan dalam jumlah yang banyak; (2) makanan sekunder/pelengkap, yaitu makanan yang biasa dimakan dan ditemukan dalam jumlah yang lebih sedikit; (3) makanan insidental/tambahan, yaitu makanan yang terdapat pada saluran pencernaan dengan jumlah yang sangatsedikit; serta (4) makanan pengganti, yaitu makanan yang hanya dikonsumsi jika makanan utama tidak tersedia.


Effendie (1979) mengatakan keberadaan makanan alami di alam sangat tergantung dari perubahan lingkungan, seperti kandungan bahan organik, fluktuasi suhu, itensitas cahaya matahari, ruang dan luas makanan. Jadi ikan dengan spesies sama dan hidup di habitat yang berbeda, dapat mempunyai kebiasaan makanan yang tidak sama. Hal ini dipengaruhi oleh faktor penyebaran dari organisme makanan ikan, faktor ketersediaan makanan, faktor pilihan dari ikan itu sendiri, dan faktor-faktor fisik yang mempengaruhi perairan.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:19

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...