Khasiat Manfaat Ikan Gabus dan Kandungan gizi Ikan Gabus

Posted by

Ikan Gabus sudah dipercaya banyak orang mengandung khasiat untuk pengobatan berbagai macam luka , seperti luka pasca oprasi, luka bakar, pasca melahirkan atau luka yang diakibatkan oleh sebab lain. Ikan Gabus adalah jenis ikan air tawar yang paling banyak mendiami perairan sungai yang airnya dalam dan tenang. Ikan gabus termasuk jenis ikan yang paling banyak disukai orang karena dagingnya yang tebal dengan sedikit terdapat duri. Diwilayah Jawa, ikan Gabus ini juga disebut dengan nama ikan Kotes,kotesan atau Ikan kutuk. Namun sebenarnya, ikan kotes dan ikan kutuk ini berbeda. Kalau ikan kotes tubuhnya tidak bisa berkembang lebih besar dan warnanya lebih gelap. Sedangkan yang disebut dengan ikan kutuk, warnanya lebih terang dengan motif yang jelas dan dapat tumbuh lebih besar. Semuanya disebut secara umum sebagai ikan gabus, namun yang paling banyak dicari adalah dari species ikan kutuk.

Khasiat Manfaat Ikan GabusSalah satu  zat gizi paling penting yang terdapat dalam daging Ikan gabus adalah Albumin. Albumin adalah jenis protein, dan ini paling banyak terdapat pada daging ikan gabus yaitu sebesar 61%. Karena Albumi ini bermanfaat untuk membantu jaringan sel baru, maka ikan gabus sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang dalam masa penyembuhan luka.

Dalam ilmu kedokteran, albumin ini digunakan untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah atau rusak. Albumin juga berperan mengikat Obat-obatan serta logam berat yang tidak mudah larut dalam darah. Hampir semua pasien berkadar Albumin rendah yang diberi Sari Ikan Gabus ini,  meningkat lebih cepat daripada jika pemberian albumin lewat infus. Bahkan pasien berkadar albumin rendah yang dengan komplikasi penyakit,  seperti Hepatitis, TBC/Infeksi Paru, Neprotic syndrom, Tonsilitis, Typus, Diabetes, Patah tulang, gastritis, Gizi Buruk, Sepsis, Stroke, ITP (Idiopatik Trombosit Tupenia Purpura), HIV, Thalasemia Minor dan Autis, Kondisinya bisa lebih baik dengan pemberian Gel Sari Ikan Kutuk / Gabus.  Albumin adalah salah satu jenis protein darah yang diproduksi di hati (hepar).


Saat Hati normal mampu memproduksi 11-15 gr Albumin per hari. Bahkan albumin  merupakan jenis protein terbanyak di dalam plasma yang mencapai kadar 60%. Sedangkan nilai normal dalam darah sekitar 3.5 sampai 5 g/dL. Ikan Gabus bisa dimanfaatkan sebagai sumber albumin bagi penderita hipoalbumin (rendah albumin) dan pasien luka, baik luka pasca operasi maupun luka bakar.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 16:31

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...