Klasifikasi dan Ciri Ikan Milom

Posted by

Klasifikasi ikan milom (Crossocheilus cf. oblongus) menurut Kottelat and Whitten (1993) adalah sebagai berikut :
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Super kelas : Osteichthyes
Kelas : Actinopterygii
Sub kelas : Neopterygii
Infra kelas : Teleostei
Super ordo : Ostariophysi
Ordo : Cypriniformes
Super famili : Cyprinoidea
Famili : Cyprinidae
Genus : Crossocheilus (Kuhl and van Hasselt in van Hasselt, 1823)
Species : Crossocheilus oblongus (Kuhl and van Hasselt in van Hasselt, 1823)


Ciri-ciri dari ikan milom (Crossocheilus cf. oblongus) yaitu hanya mempunyai sepasang sungut pada moncong yang lebih pendek dari pada panjang mata, garis warna memanjang berakhir pada sebuah titik pada pangkal ekor (Kottelat and Whitten, 1993). Panjang maksimal dari ikan Milom dapat mencapai 15 cm. Ikan Milom Memiliki 8-9 jari—jari sirip punggung dan 2-3 jari-jari pada sirip anal (www.fishbase.com).

Ikan milom pada pengamatan di Daerah Aliran Sungai Musi memiliki berbagai macam jenis. Jenis ikan milom lain yang ada di Sungai Musi antara lain adalah Osteochillus wandeersii yang mempunyai ciri-ciri terdapat satu atau tubus keras pada moncongnya dan sebuah garis warna pada operkulum sampai keawal sirip ekor. Memiliki 27 - 35 sisir saring pada lengkung pertama. Batang ekor dikelilingi 16 sisik, terdapat 10 - 13½ jari-jari bercabang pada sirip punggung dan mempunyai mulut subinferior. Jenis yang lain adalah Osteochillus microchepalus dengan ciri-ciri terdapat 1 atau 3 tubus keras pada moncong (kalau jumlahnya 3 maka tubus yang di tengah memiliki ukuran yang terbesar), garis warna hitam terlihat jelas sepanjang badan dari celah insang sampai akhir jari-jari tengah sirip ekor. Badan berwarna terang, bagian tengah ke bawah hampir berwarna putih. Memiliki 12 - 13½ jari-jari bercabang pada sirip punggung serta batang ekornya dikelilingi 16 sisik (Kottelat and Whitten, 1993).

Habitat dan Distribusi
Ikan milom merupakan ikan benthopelagis yang hidup disungai dan danau. Biasanya ditemukan di dasar perairan dengan aliran yang deras dan dekat jeram air. Pada sistem sungai yang besar, spesies ini melakukan migrasi. Pada musim penghujan saat air sungai meluap, ikan ini masuk ke daerah pemijahan (spawning ground) yang berupa rawa-rawa banjiran (flooded swamps) dan tempat-tempat yang tergenang (ccfishery.net)


Distribusi Crossocheilus cf. oblongus terdapat di perairan Indonesia yaitu di Kalimantan dan Sumatra. Ikan ini juga terdapat di wilayah Asia lain yaitu Malaysia, hingga ke Vietnam. Ikan milom berstatus native yang berarti ikan asli daerah setempat (ccfishery.net).
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:04

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...