Manfaat Ekstra Daun Binahong untuk Ikan Lele

Posted by

Ikan lele (Clarias sp.) adalah salah satu ikan yang banyak dibudidayakan dimasyarakat karena memiliki keunggulan seperti mudah untuk dibudidayakan, tidak perlu lahan yang luas pada saat produksi serta memiliki pasar yang terbuka lebar. Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan produksi sebesar 450% pada tahun 2014, yaitu 200.000 ton di tahun 2009 menjadi 900.000 ton di tahun 2014 (KKP 2010). Data produksi tahun 2014 ikan lele baru mencapai 613.120 ton (DJPB 2014), artinya pencapaian kurang lebih 30% dari target awal ditahun 2009. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila atau sering disebut penyakit motile aeromonad septicaemia (MAS).


Beberapa upaya pencegahan penyakit MAS pada ikan lele umumnya menggunakan probiotik, dan fitofarmaka. Menurut penelitian Ulkhaq (2014) pencegahan infeksi bakteri A. hydrophila dengan probiotik dapat memberikan tingkat kelangsungan hidup sebesar 92,23%. Keunggulan menggunakan probiotik adalah dapat merangsang sistem imun dalam saluran pencernaan dan keseimbangan mikroba saluran pencernaan (Nayak 2010), dan penggunaan probiotik secara langsung dalam media pemeliharaan menghasilkan efek yang lebih cepat dibandingkan metode pemberian lain, meskipun kandungan bakteri probiotik didalamnya lebih sedikit (Sahu et al. 2008). Adapun kelemahan probiotik adalah memerlukan waktu yang cukup lama dalam pembuatannya serta membutuhkan teknologi yang cukup modern. Salah satu upaya lain yang dapat dilakukan adalah penggunaan obat herbal atau sering disebut dengan fitofarmaka. Fitofarmaka memiliki keunggulan diantaranya adalah mudah diaplikasikan, sederhana dalam pembuatan, tidak menimbulkan kerusakan lingkungan apabila dipakai dalam jangka panjang, serta tidak menimbulkan residu pada ikan karena mudah terdegradasi dalam tubuh. 

Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai fitofarmaka adalah binahong (Anredera cordifolia) (Ten) Steenis. Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan mudah untuk diperbanyak serta tidak butuh lahan yang luas untuk media tanam dapat ditanam di pekarangan rumah. Binahong memiliki daun yang bulat, batang yang merambat, dan sistem reproduksi secara generatif dan vegetatif. Spesies dari famili Basellaceae ini secara empiris telah dijadikan obat tradisional untuk manusia di berbagai negara seperti di Kolombia, Taiwan, China dan Indonesia serta banyak negara lainnya (Sukandar et al 2011). 

Menurut Salikin et al (2014), dan Setiaji (2009) ekstrak daun binahong mengandung senyawa aktif berupa alkaloid, saponin, quinon, fenolik, dan tanin serta antioksidan. Senyawa-senyawa tersebut dikenal dapat berperan sebagai senyawa antibakteri.

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 08:57

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...