Relung Makanan Ikan

Posted by

Relung makanan adalah kebiasaan makan suatu spesies ikan terhadap satu atau beberapa jenis makanan yang mengindikasikan adanya perbedaan sumberdaya makanan yang dimanfaatkan oleh suatu organisme (Pianka, 1981 in Asyarah, 2006).


Luas relung (niche breadth) makanan menggambarkan proporsi sumberdaya makanan yang dimanfaatkan oleh suatu jenis organisme. Luas relung makanan dapat membantu dalam menentukan posisi suatu spesies ikan di dalam  rantai makanan yang berguna dalam pengelolaan sumberdaya perikanan (Krebs, 1989).

Luas relung makanan yang besar mengindikasikan bahwa jenis makanan yang dikonsumsi oleh ikan lebih beragam. Ikan-ikan yang memiliki luas relung makanan yang kecil atau sempit menandakan bahwa ikan tersebut melakukan seleksi terhadap sumberdaya makanan yang tersedia di perairan. Ikan yang memakan beragam sumberdaya makanan diduga luas relung makanannya akan meningkat, walaupun sumberdaya yang tersedia menurun luas relung akan tinggi jika organisme mengkonsumsi jenis makanan yang bberagam dan masing-masing jenis dikonsumsi dalam jumlah yang sama. Sebaliknya luas relung akan rendah jika organisme hanya memanfaatkan satu jenis makanan (Levins, 1968 in Krebs, 1989).

Tumpang tindih relung (niche overlap) terjadi jika terdapat dua organisme memanfaatkan sumberdaya makanan yang sama. Dengan kata lain, tumpang tindih relung makanan adalah daerah ruang relung yang dihuni oleh dua penghuni relung atau lebih (Pianka, 1974 in Krebs, 1989). Jika nilai tumpang tindih tersebut tinggi (berkisar satu), maka kedua kelompok organisme yang dibandingkan memiliki jenis makanan yang sama. Sebaliknya, bila nilai tumpang tindih yang didapatkan sama dengan nol, maka tidak didapatkan makanan yang sama antar kelompok organisme yang dibandingkan (Colwell dan Futuyama, 1971).


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:37

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...