Sifat Urea dan Pemanfaatannya dalam Pakan Ternak

Posted by

Urea merupakan salah satu sumber nitrogen bukan protein (NPN) yang berbentuk kristal putih (Gambar ), bersifat mudah larut dalam air dan mengandung 45% nitrogen (Parakkasi,1995). Urea dibuat dengan mereaksikan ammonia dan karbondioksida seperti reaksi berikut: NH4 +C02→NH4-O-C-O-NH4

Urea dalam proses fermentasi akan diuraikan kembali oleh enzim urease menjadi ammonia dan karbondioksida, selanjutnya ammonia akan digunakan untuk membentuk asam amino. Menurut Fardiaz (1992) nitrogen dalam media fermentasi mempunyai fungsi fisiologis bagi mikroorganisme, yaitu sebagai bahan untuk mensintesis protein, asam nukleat dan koenzim. Penggunaan urea dalam proses fermentasi mempengaruhi kandungan protein kasar, protein murni, serat kasar, lemak kasar, BETN, dan bahan kering (Lubis, 1996).


Pantjawidjaja et al. (1984) melaporkan bahwa subtitusi rumput lapang dengan ampas sagu (Metroxilon sp) sampai pada level 45% dengan urea 3% dari bahan kering ampas sagu tidak memperlihatkan perbedaan yang nyata dalam efisiensi penggunaan makanan dan pertambahan bobot badan sapi peranakan ongole (PO). Menurut Lubis (1996) penggunaan urea 3% dan zeolit 2,5% dalam pembuatan kompleks biologis onggok-urea-zeolit menggunakan Aspergillus niger menghasilkan protein kasar 12,97% dan serat kasar 12,73%.


Parakkasi (1995), mengemukakan bahwa pada penambahan urea sebagai sumber nitrogen bukan protein (NBP) ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu ketersediaan karbohidrat yang mudah dicerna dalam jumlah yang cukup, urea harus dicampur dengan baik, diberikan waktu adaptasi sekitar 2-3 minggu, jangan memakai urea untuk mensuplai kebih dari 1/3 N protein ekuivalen dalam ransum penggemukkan, jangan memakai urea lebih besar dari 1% dari ransum lengkap atau lebih besar dari 5% konsentrat, serta pemberian urea seharusnya disertai dengan pemberian mineral.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 15:16

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...