Gambaran Umum Sapi Simental

Posted by

Sapi Simental adalah bangsa Bos Taurus, berasal dari daerah Simme di negara Switzerland, tepatnya di Lembah Simme, tetapi sekarang berkembang lebih cepat di Benua Eropa dan Amerika. Sapi ini merupakan tipe sapi perah dan pedaging. Jenis sapi ini dominan di daerah Prancis Timur, Jerman Selatan, Cekoslawakia dan Hongaria. Lebih kurang setengah populasi sapi di Austria, Rumania, Rusia, Polandia, Bulgaria dan Italia.

Sapi Simental mempunyai klasifikasi taksonomi (Talib dan Siregar, 1999):
Filum : Chordata (hewan yang memiliki tulang belakang)
Kelas : Mamalia (hewan-hewan yang menyusui)
Ordo : Artiodaktili (hewan berkuku/berteracak genap)
Sub ordo : Ruminansia (hewan memamah biak)
Famili : Bovidae (hewan dengan tanduk berongga)
Genus : Bos (pemamah biak berkaki empat)
Spesies : Bos Taurus (golongan sapi-sapi Eropa).


Beberapa jenis sapi Eropa, sapi Simental mepunyai karakteristik yang membedakan dari sapi Eropa lainnya. Karakteristik itu adalah sebagai berikut:
1. Warna kulit bervariasi dari kuning keemasan, putih, dimana warna merata seluruh tubuh. Jika sapi simental di Amerika berwarna berbeda yang didominasi hitam atau merah.
2. Kepala berwarna putih pada bagian atasnya

3. Mayoritas memiliki pigmen di sekitar mata, gunanya untuk membantu mengurangi masalah mata apabila terkena sinar matahari. Sapi Simental mempunyai bobot pejantan dewasa mampu mencapai berat badan 1150 kg sedang betina dewasa 800 kg. Sapi ini mencapai dewasa kelamin pada umur 12 bulan. Umur saat pubertas tergantung pada kondisi fisik, bangsa tetua, ada atau tidaknya heterosis, temperature lingkungan, dan berat badan yang sangat berhubungan dengan pakan. Tingkat pertumbuhan setelah disapih relatif cepat, efisiensi pakan tinggi, terbukti dengan senantiasa makan bila diberi pakan. Selain dimanfaatkan sebagai ternak potong, sapi Simental dimanfaatkan juga dalam produksi susunya. Kendati demikian produksi susunya tinggi (rata-rata 3.900 kg per laktasi) dengan prosentase lemak susu sebesar 4 %. Dilihat dari proporsi bentuknya, sapi Simental cocok dalam produksi susu (Hafez dan Hafez, 2000).

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:58

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...