Ikan Gabus Pasir dan Kandungan Gizi Tepung Ikan Gabus

Posted by

Ikan gabus pasir (Butis amboinensis) merupakan ikan predator (pemangsa), ikan ini mencari makanan sebagian besar pada malam hari dengan pola samar untuk membantu ikan tersebut berbaur dengan lingkungan untuk mendapatkan mangsa. Ikan ini juga dapat meringankan dan menggelapkan pewarnaan tubuh, memiliki kebiasaan menyelaraskan diri dengan permukaan padat baik horizontal, vertikal atau terbalik dan sering berenang di posisi terbalik. Spesies ikan ini mendiami pesisir sungai, muara dan hutan bakau di New Guinea telah tercatat 300 kilometer ke arah hulu dari muara sungai ikan gabus pasir ditemukan di atas lumpur berpasir (Allen, 1991).

Menurut binomial, ikan gabus pasir diklasifikasikan sebagai berikut; Kelas: Osteichtyes, Ordo: Perciformes, Famili: Eleotritidae, Genus: Butis amoinensis. Karakteristik dari ikan gabus pasir yaitu kepala pipih datar, lebar badan 5-5, 5 kali lebih pendek dari panjang standard, 6-7 kali lebih pendek dari panjang total, tidak mempunyai sisik tambahan, interorbital, pipi dan kepala bersisik, tidak ada sisik antara mata dan tulang mata, gigi pada barisan depan tidak membesar, tipe ekor membulat (Gultom, 2010).

Tabel 1. Komposisi nutrisi tepung limbah ikan gabus pasir
Jenis Nutrisi
Kandungan
Gross Energi (K.cal/g)
3,4902
Kadar air (%)
4,71
Protein kasar (%)
59,09
Lemak kasar (%)
6,25
Bahan kering (%)
92,82
Abu (%)
30,44
Kalsium (%)
5,86
Posfor (%)
0,026

Tabel 2. Kandungan nutrisi tepung ikan komersial
Nutrisi
Kandungan
Energi metabolis (Kkal/kg)
Protein kasar (%)
Lemak kasar (%)
Serat kasar (%)
2565
55
8
1
Sumber : Siregar (2009).

Limbah ikan gabus pasir terdiri atas kepala, isi perut. Limbah ikan gabus pasir diolah menjadi tepung dengan cara dipanaskan (cooking), dipressing, dioven dan digrinder menjadi tepung ikan. Tepung ikan mengadung protein yang tinggi dan dapat meingkatkan produksi dan nilai gizi telur dan daging (Stevie et al., 2009).


Kandungan nutrisi tepung limbah ikan gabus pasir yang terbaik adalah dengan metode pengukusan. Nilai nutrisi dengan metode pengukusan dapat dilihat pada Tabel 2. Hasil ini sudah sesuai dengan standar SNI (1996) nilai nutrisi tepung ikan gabus pasir dengan metode pengukusan termasuk kriteria kualitas sedang (Vidiana et al., 2014). Menurut SNI (1996) sedang standar persyaratan mutu tepung ikan yang berkualitas tinggi mengandung komponen-komponen yaitu Air 10 %, lemak 8 %, protein 65%, abu 20 %, serat kasar 1,5 % sedangkan standar persyaratan mutu tepung ikan yang berkualitas rendah yaitu air 12 %, lemak 12%, protein 45%, abu 30 % dan serat kasar 3%.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:12

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...