Kandungan Gizi Jerami Padi

Posted by

Dalam upaya peningkatan nutrisi pakan ternak, para peternak kerap mendapatkan masalah pada saat musim kemarau karena sulitnya mendapatkan hijauan.Sebagai solusi peternak lebih memilih limbah pertanian sebagai alternatif pengganti hijauan.Hal tersebut merupakan solusi yang bijaksana dari pada membakar limbah pertanian tersebut. Disadari atau tidak, pembakaran jerami tersebut akan memberikan dampak negatif yang cukup luas, diantaranya adalah kita akan kehilangan bahan organik dengan sia-sia, efek terhadap lingkungan karena polusi dari asap pembakaran yang dapat mengganggu kesehatan, serta asap pembakaran yang terlalu tebal dapat mengganggu kelancaran lalu lintas baik udara maupun darat.


Pemanfaatan jerami sebagai pakan ternak tanpa melalui pengolahan tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada ternak, dan hal ini dapat menurunkan produktifitas ternak. Menurut Hungate (1996), peningkatan kuantitas bagian yang dapat dicerna pada pakan yang berkualitas rendah dapat dilakukan melalui perlakuan kimia, fisik dan biologis.

Kandungan gizi jerami padi terdiri atas protein kasar 4,5%, serat kasar 35%, lemak kasar 1,55%, abu 16,5%, kalsium 0,19, fosfor 0,1%, energi TDN (Total Digestible Nutrient) 43%, energi DE (Digestible Energy) 1,9 kkal/kg, dan lignin yang sangat tinggi (Anonim, 2009). Menurut Zulkarnaini (2009), jerami padi mempunyai kadar silika dan lignin yang tinggi (Silika 13,5% dan lignin 6,5%).


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 07:34

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...