Kebutuhan Nutrisi Ayam Broiler

Posted by

Istilah ayam ras pedaging ataupun ayam broiler memang sudah lama dikenal di Indonesia, mulai sekitar periode 1980-an. Namun, sebenarnya istilah “ayam ras pedaging” adalah untuk menyebut jenis ayam yang tingkat pertumbuhannya sangat cepat, produksi dagingnya tinggi, dan sudah biasa dipanen dalam tempo pemeliharaan yang singkat (Agri, 2011). Broiler disebut juga ayam pedaging yang merupakan jenis ras unggul hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi terutama dalam produksi daging.Ayam pedaging dikenal masyarakat dengan beberapa kelebihan, karena hanya 5-6 minggu dipelihara sudah bisa dipanen (Rasyaf, 1990).

Ayam broiler merupakan jenis ayam jantan maupun betina mudah berumur 6-8 minggu dipelihara secara intensif, guna memperoleh produksi daging yang optimal. Beberapa sifat yang dimiliki ayam broiler yaitu :
1. Dagingnya empuk, kulit licin dan lunak, sedangkan tulang rawan dada belum membentuk tulang yang keras.
2. Ukuran badan besar, dengan bentuk dada lebar, padat dan berisi.
3. Efisiensi penggunaan pakan cukup baik dan sebagian besar dari pakan yang diubah menjadi daging.
4. Pertambahan atau pertumbuhan badan sangat cepat, 7-8 minggu ayam dapat mencapai berat kurang lebih 2 kg.

Dalam waktu yang singkat tersebut, dapat mencapai suatu berat tertentu yang jauh lebih besar dari berat yang dapat dicapai oleh ayam petelur dan terlebih lagi oleh ayam kampung pada umur yang sama(Agri, 2011). Broiler mempunyai ciri tertentu seperti pertumbuhan yang cepat, mempunyai dada yang lebar dengan timbunan daging yang baik, pertumbuhan bulu cepat dan warna bulu yang dikehendaki putih atau warna terang lainnya (Amrullah, 2003). Suprijatna (2005) menyatakan bahwa karakteristik ayam tipe pedaging bersifat tenang, bentuk tubuh besar, pertumbuhan cepat, bulu merapat ketubuh, kulit putih dan produksi telur rendah.

Ditinjau dari genetis, ayam broiler sengaja diciptakan agar dalam waktu singkat dapat segera dimanfaatkan hasilnya. Oleh karena itu, istilah broiler adalah untuk menyebut strain ayam hasil budidaya rekayasa genetika yang memiliki karakteristik ekonomis, memiliki pertumbuhan cepat sebagai penghasil daging, konversi pakan sangat irit, siap dipotong pada umur muda, serta mampu menghasilkan kualitas daging yang bersih, berserat lunak, dengan kandungan protein yang tinggi (Irawan, 1996). Ayam broiler merupakan ayam pedaging yang mengalami pertumbuhan pesat pada umur 1-5 minggu. Selanjutnya dijelaskan bahwa ayam broiler yang berumur 6 minggu sudah sama besarnya dengan ayam kampung dewasa yang dipelihara selama 8 bulan.

Keunggulan ayam broiler tersebut akan terbentuk bila didukung oleh lingkungan karena sifat genetik saja tidak menjamin keunggulan bisa segera terlihat. Hal-hal yang biasa mendukung keunggulanayam broiler antara lain sebagai berikut :
1. Makanan
Makanan yang dimaksud adalah menyangkut kualitas dan kuantitasnya. Pertumbuhan yang sangat cepat tidak akan tampak bila tidak didukung dengan ransum yang dimakan berkaitan dengan jumlah unsur nutrisi yang harus masuk sempurna ke dalam tubuh ayam.

2. Temperatur
lingkungan Ayam broiler akan tumbuh optimal pada temperature lingkungan 19-21oC. Bila temperature lingkungan terlalu panas, bisa membuat ayam lebih memilih untuk banyak minum dari pada makan karena untuk mengurangi beban panas.Bila sudah demikian, sejumlah unsur nutrisi dan keperluan nutrisi utama bagi ayam tidak masuk sehingga keunggulan ayam menjadi tidak tampak.

3. Pemeliharaan
Bibit yang baik tentunya membutuhkan pemeliharaan yang baik pula. Apabila ayam broiler diperlukan secara “swalayan” layaknya ayam kampung di desa-desa maka keunggulannya tidak akan tampak. Oleh karena itu, perlu adanya perawatan dan pemberian makanan yang baik.Perawatan ini mencakup vaksinasi yang baik dan benar (Rasyaf, 2008).

Kebutuhan nutrisi broiler periode starter sesuai Standar Nasional Indonesia (2006) dapat dilihat pada tabel 1 dan 2, sebagai berikut :


Sumber Artikel Lengkap (klik)

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:52

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...