Keuntungan Pembatasan Pakan Pada Ayam Broiler

Posted by

Menurut Santoso (1999), keuntungan lain yang dapat diperoleh dari program pembatasan pakan yang dilakukan pada pemeliharaan ayam broiler adalah sebagai berikut:
1) Dapat mengurangi angka kematian.
2) Kelainan kaki.
3) Stress panas atau bahkan meningkatkan daya kekebalan tubuh terhadap penyakit.
4) Meminimalkan lemak abdomen dan lemak karkas.
5) Memperbaiki efiensi ransum.
6) Menurunkan biaya pakan.
7) Menaikkan kandungan mineral tubuh serta menurunkan trigliserida dan kolesterol darah dan kadar lemak dalam tubuh dan daging.
8) Menurunkan kematian akibat ascites. Ascites adalah keadaan yang menyebabkan akumulasi cairan pada perut (water belly). Kejadian ini diransang oleh ketidakcukupan oksigen pada ternak.
9) Menurunkan mortalitas karena sudden death syndrome (SDS). SDS paling sering terjadi pada ayam jantan, terutama saat laju pertumbuhan maksimal.Kematian mulai umur 3-4 hari, tetapi pada umur 3-4 minggu bisa mencapai 4%.


Pembatasan pakan memulai pengosongan pakan pada tempat pakan dimulai dari umur 7-14 hari dan umur 7-21 hari.Periode pemulihan hingga umur 42 hari.Pakan starter dan finisher yang diberikan mengandung protein 22% dan 20%. Perlakuan pakan disediakan 4 jam pada pagi hari dari pukul 08.00-12.00 dan sore hari pukul 16.00-20.00 dapat menghasilkan bobot badan yang sama dengan ad libitum dan konversi ransum sama dengan ad libitum(Kartadisastra, 1994).




loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 13:04

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...