Metode Pemberian Pakan Ayam

Posted by

Pakan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi produksi daging dan telur yang diinginkan oleh peternak.Berkembangnya industri pakan untuk mendukung perkembangan unggas terlihat dari berkembangnya pabrik pakan yang memproduksi pakan unggas.

Jumlah produksi pakan dari tahun ke tahun dapat dilihat dari peningkatan permintaan pakan (Suci dan Hermana, 2012). Pakan adalah campuran berbagai macam bahan organik dan anorganik yang diberikan kepada ternak untuk memenuhi kebutuhan zat-zat makanan yang diperlukan bagi pertumbuhan, perkembangan, dan reproduksi (Suprijatna et al., 2005).

Pakan Pada pemeliharaan ayam ada dua metode pemberian pakan yang dapat dilaksanakan, yaitu berdasarkan kebutuhan setiap hari (everyday basis) dan selang hari (skip-a-day).Penerapan metode-metode tersebut sangat ditentukan oleh sistem pemeliharaan, jenis ternak (ayam) yang dipelihara dan tujuan usaha beternak.

Everyday basis, yaitu metode pemberian pakan dimana ayam pada setiap harinya memperoleh pakan dalam jumlah yang cukup dan sesuai dengan kebutuhannya. Metode ini cocok untuk diterapkan pada pemeliharaan ayam potong (broiler) dan ayam petelur yang menghasilkan telur konsumsi (commercial layer).


Skip-a-day, yaitu metode pemberian pakan dimana pakan diberikan pada setiap 2 hari.Hari-hari tanpa pakan hanya disediakan air minum.Metode ini diterapkan pada ayam-ayam bibit, dengan tujuan untuk membatasi bobot badan agar tidak berlebihan (over weight). Ayam bibit yang mempunyai kelebihan berat badan akan menghasilkan telur tetas dengan kualitas dan produksi yang rendah (Kartadisastra, 1994).


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:59

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...