Penggunaan Aspergillus niger

Posted by

Aspergillus niger adalah kapang anggota genus Aspergillus; famili Eurotiaceae; ordo Eutiales; sub-klas Plectomycetetidae; kelas Ascomycetes; sub-divisi Ascomycotina dan divisi Amastigmycota (Hardjo dkk., 1989). Mirwandhono dan Siregar, (2004) menambahkan bahwa enzim-enzim yang dihasilkan dari Aspergillus niger adalah amilase, glukoamilase, selulase, pektinase, glukosa oksidase dan katalase.

Aspergillus niger dalam pertumbuhannya berhubungan langsung dengan zat makanan yang terdapat dalam substrat, molekul sederhana yang terdapat disekeliling hifa dapat langsung diserap sedangkan molekul yang lebih kompleks harus dipecah dahulu sebelum diserap ke dalam sel, dengan menghasilkan beberapa enzim ekstra seluler seperti protease, amilase, mananase, dan α-glaktosidase (Pandey et al., 2000).


Menurut (Purwadaria et. al., 1997), fermentasi menggunakan Aspergillus niger, terjadi proses biokonversi senyawa-senyawa organik dan anorganik menjadi protein sel sehingga kandungan protein substrat terfermentasi meningkat. Enzim-enzim pengurai/pemecah serat seperti selulase dan lain-lainnya yang diproduksi selama proses fermentasi berperan dalam menurunkan kandungan serat substrat tersebut.

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:53

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...