Sapi Betina Produktif

Posted by

Sapi betina produktif adalah sapi yang melahirkan kurang dari 5 (lima) kali atau berumur dibawah 8 (delapan) tahun, atau sapi betina yang berdasarkan hasil pemeriksaan reproduksi dokter hewan atau petugas teknis yang ditunjuk di bawah pengawasan dokter hewan dan dinyatakan memiliki organ reproduksi normal serta dapat berfungsi optimal sebagai sapi induk (Kementan,2010).

Memelihara sapi betina produktif akan meningkatkan kelahiran dan populasi sapi potong (Kementan,2010).Memelihara sapi betina produktif bisa memberi keuntungan lebih kepada para peternak diantaranya adalah dapat mengembangkan peternakan dengan menghasilkan anak sapi dan memperoleh susu untuk dikonsumsi dan dijual (Anonim,2012).


Sapi betina produktif yang belum bunting, selanjutnya di IB sampai terjadi kebuntingan. Setelah ternak sapi betina produktif tersebut bunting 3-5 bulan, sapi tersebut dijual kepada kelompok lain atau masyarakat yang memerlukan untuk dibudidayakan lebih lanjut (Kementan,2010). Dijelaskan lebih lanjut bahwa tumbuhnya kesadaran kelompk peternak dalam penyelamatan sapi betina produktif sebagai sumber produksi anakan dalam wadah kelompok usaha, akan mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya unit pembibitan sapi potong dan unit usaha penggemukan (fattening).

Menurut Undang-Undang No.18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan, sapi betina yang boleh di potong adalah yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Berumur lebih dari 8 (delapan) tahun atau sudah lebih dari 5 (lima) kali
2. Tidak produktif (majir) dinyatakan oleh dokter hewan atau tenaga asisten control teknik reproduksi di bawah penyeliahan dokter hewan.
3. Mengalami kecelakaan yang berat
4. Menderita cacat tubuh yang bersifat genetis yang dapat menurun pada keturunannya sehingga tidak baik untuk ternak bibit.
5. Menderita penyakit menular yang menurut Dokter Hewan pemerintah harus dibunuh/dipotong bersyarat guna membrantas dan mencegah penyebaran penyakitnya, menderita penyakit yang mengancam jiwanya.
6. Membahayakan keselamatan manusia (tidak terkendali).

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 08:30

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...