Sistem Pemeliharaan Pada Sapi Bunting

Posted by

Induk sapi bunting perlu diberikan kesempatan berolahraga dengan cara dilepas di lapangan penggembalaan secara teratur selama 1 - 2 jam setiap hari. Dengan demikian, induk tersebut dapat bergerak secara leluasa, mendapatkan sinar matahari dan udara segar serta urat syaraf menjadi terlatih sehingga peredaran darah berjalan lancar yang kesemuanya ini akan menunjang kelancaran proses kelahiran pedet.

Pemberian pakan tidak baik selama induk bunting akan mempengaruhi kesehatan dan produksi susu, oleh karena itu induk sapi yang sedang bunting harus di upayakan agar selalu dalam keadaan kenyang, lebih-lebih bagi induk yang di pelihara dalam kandang secara terus menerus. Dua sampai tiga hari sebelum induk melahirkan perlu di berikan pakan khusus yang memenuhi standart kualitas dan kuantitasnya supaya memudahkan kelahiran pedetnya, pakan yang kandungan proteinnya terlalu rendah sebaiknya jangan di berikan karena akan menggangu kelahiran pedet. Disarankan peternak memberi pakan yang kandungan energinya tinggi dan ditambahkan molase untuk membantu kelancaran pada saat melahirkan pedetnya.

Untuk mempersiapkan yang baik, peternak harus mengetahui lamanya kebuntingan pada umumnya kebuntingan rata - rata 285 hari akan tetapi dapat bervariasi pad setiap induk sapi, Hal ini di sebabkan oleh faktor :
            1. iklim
            2. perawatan

            3. pakan dan bangsa sapi

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 08:02

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...