Tipe Ayam Ras Petelur

Posted by

Ayam domestik termasuk dalam spesies Gallus gallus tetapi terkadang ditujukan kepada Gallus domesticus. Ayam diklasifikasikan sebagai berikut (Scanes et al., 2004) :
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Aves
Superordo : Carinatae
Ordo : Galliformes
Famili : Phasianidae
Genus : Gallus
Spesies : Gallus gallus

Ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya. Asal mula ayam unggas adalah berasal dari ayam hutan dan itik liar yang ditangkap dan dipelihara serta dapat bertelur cukup banyak. Tahun demi tahun ayam hutan dari wilayah dunia diseleksi secara ketat oleh para pakar. Arah seleksi ditujukan pada produksi yang banyak, karena ayam hutan dapat diambil telur dan dagingnya maka arah dari produksi yang banyak dalam seleksi mulai spesifik. Selain itu, seleksi juga diarahkan pada warna kulit telur hingga kemudian dikenal ayam petelur putih dan ayam petelur cokelat. Persilangan dan seleksi itu dilakukan cukup lama hingga menghasilkan ayam petelur seperti yang ada sekarang ini. Dalam setiap kali persilangan, sifat jelek dibuang dan sifat baik dipertahankan (“terus dimurnikan”). Inilah yang kemudian dikenal dengan ayam petelur unggul (Rasyaf, 2008).

Ayam yang pertama masuk dan mulai diternakkan pada periode ini adalah ayam ras petelur White Leghorn yang kurus dan umumnya setelah habis masa produktifnya. Hingga pada akhir periode tahun 1990-an mulai merebak peternakan ayam pedaging yang memang khusus untuk daging, sementara ayam petelur dwiguna/ayam petelur cokelat mulai menghilang pula. Disinilah masyarakat mulai sadar bahwa ayam ras mempunyai klasifikasi sebagai petelur handal dan pedaging yang enak (Prihatman, 2000).

Menurut Rasyaf (2007) terdapat dua macam tipe ayam petelur, yaitu :
1) Tipe Ayam Petelur Ringan
Ayam ini sering disebut dengan ayam petelur putihyang mempunyai ciri-ciri badan ramping atau kecil mungil, bulunya putih bersihdan berjengger merah. Ayam tipe ini umumnya berasal dari galur murni White Leghorn yang mampu bertelur lebih dari 260 butir/tahun. Ayam tipe ini sensitif terhadap cuaca panas dan keributan.

2) Tipe Ayam Petelur Medium
Bobot badan ayam ini cukup berat, sehingga ayam ini disebut ayam dwiguna. Ayam ini umumnya mempunyai bulu berwarna coklat dan menghasilkan telur berwarna coklat pula. Ayam tipe ringan akan mulai menginjak masa bertelur pada umur 15-16 minggu, sedangkan ayam tipe medium mulai bertelur antara 22-24 minggu. Salah satu tipe ayam petelur medium adalah strain Isa Brown. Ayam tipe ini berkarakteristik tenang, tubuh sedang, warna telur dan bulu coklat. Strain Isa Brown mulai di kembangkan pada tahun 1972 yangmemiliki produksi telur tinggi yakni sekitar 300 butir lebih/tahun.

Dalam pemeliharaan ayam ras unggas terutama ayam ras petelur sebelum mencapai umur produktif melewati tiga fase pemeliharaan, yaitu : (Banong, 2012)
1. Fase I (brooding period atau masa indukan) secara umum disebut fase starter yaitu pemeliharaan ayam mulai umur 1 (satu) hari (DOC-Day Old Chick) sampai dengan umur 6 minggu.
2. Fase II (growing periodatau masa pertumbuhan) dikenal juga dengan sebutan fase grower yaitu pemeliharaan ayam sejak umur 6 minggu sampai menjelang bertelur kira-kira umur 16-18 minggu.

3. Fase III (laying period atau masa produksi/produktif), dikenal dengan sebutan fase layer yaitu pemeliharaan ayam sejak umur 18 minggu sampai dengan masa bertelur/berproduksi berakhir atau diafkir.

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:25

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...