Gambaran Umum Bunga Dahlia (Dahlia variabilis)

Posted by

Klasifikasi botani tanaman bunga dahlia menurut Dole dan Wilkins (2005) adalah:
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Liliales
Famili : Compositae / Asteraceae
Genus : Dahlia
Spesies : Dahlia variabilis

Tanaman bunga dahlia merupakan tanaman hias berupa tumbuhan tahunan yang tegak, bercabang, tidah berbulu, letak daun-daunnya tersusun bersebelahan dan memiliki satu sampai tiga buah sirip dengan pinggiran yang bergerigi serta di atas tangkai terdapat bunga dengan warna-warna tertentu. Tanaman ini berasal dari pegunungan Meksiko. Di Eropa budidaya dimulai tahun 1789, dari Royal Botanical Garden di Madrid, Spanyol dan menyebar ke seluruh Eropa Barat. Walaupun perkembangannya sangat lambat, pada tahun 1841 sudah terdapat 1.200 varietas (Vinayandana, 1998).

Budidaya tanaman dahlia dapat dilakukan dengan cara perbanyakan generatif dengan benih atau perbanyakan vegetatif dengan stek dan perbanyakan vegetatif dengan umbi. Perbanyakan dengan umbi dilakukan pada dahlia jenis kaktus maupun semi kaktus menggunakan umbi yang berumur 7 bulan. Panen bunga dahlia dilakukan setelah 3 bulan masa tanam dengan frekuensi 2x seminggu sampai 4 bulan kemudian, sedangkan panen umbi dilakukan setelah 7 bulan. Produksi umbi per batang bergantung dari jenis dahlia. Dahlia kaktus menghasilkan ubi yang besar dan dapat mencapai 2 kg/tanaman. Dalam 10 tumbak (140 m2 ) dihasilkan 400 kg ubi (Prihatman, 2001).


Bunga dahlia memiliki warna: putih, kuning, jingga, violet, merah, ungu atau campurannya. Dahlia tumbuh baik pada daratan tinggi dengan ketinggian optimum 700–1.000 m dpl (dari permukaan laut). Tanaman dahlia mampu menghasilkan umbi sebanyak 2.800–3.500 kg/ha. Bunga dahlia banyak ditemukan pada dataran tinggi di Indonesia. Selain sebagai penghasil bunga potong, dahlia juga memiliki umbi yang mengandung inulin (Saryono dkk., 1998).
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:56

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...