Konsumsi Pakan Broiler Strain Ross

Posted by

Konsumsi pakan tiap ekor ternak berbeda-beda. Bell dan Weaver (2002), menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi pakan adalah bobot badan, galur, tingkat produksi, tingkat cekaman, aktivitas ternak, mortalitas, kandungan energi dalam pakan, dan suhu lingkungan. Konsumsi pakan dipengaruhi pula oleh bentuk pakan, kandungan energi pakan, kesehatan ternak, zat makanan dalam pakan, kecepatan pertumbuhan, stres, dan suhu lingkungan (Lesson dan Summers, 2001). Pakan merupakan salah satu sumber penghasil panas dalam tubuh ayam broiler. Kemampuan ayam broiler dalam mengkonsumsi pakan sangat dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Respon fisiologis terhadap temperatur dingin adalah dengan meningkatkan konsumsi pakan, sedangkan ayam broiler yang berada pada suhu lingkungan yang panas akan menurunkan konsumsi pakan, hal ini dilakukan untuk menurunkan produksi panas di dalam tubuh ayam broiler.

Saat cuaca panas ayam berusaha mendinginkan tubuhnya dengan cara bernafas secara cepat (panting). Tingkah laku ini dapat menyebabkan peredaran darah banyak menuju ke organ pernafasan, sedangkan peredaran darah pada organ pencernaan mengalami penurunan sehingga bisa mengganggu pencernaan dan metabolisme. Pakan yang dikonsumsi tidak bisa dicerna dengan baik dan nutrien dalam pakan banyak yang dibuang dalam bentuk feses (Bell dan Weaver, 2002). Penelitian Bonnet et al. (1997) menunjukan bahwa, konsumsi pakan ayam broiler umur 4-6 minggu yang dipelihara pada suhu lingkungan 32ºC sebesar 1470 g/ekor, sementara pada suhu 22ºC konsumsi pakan sebesar 2226 g/ekor. Konsumsi pakan ayam broiler strain ross yang dipelihara pada suhu nyaman pada umur lima minggu adalah 2877 g/ekor dengan bobot badan 2022 g/ekor (Cibadak Indah Sari Farm, 2005). ayam broiler strain ross (jumbo) selama periode 1-5 minggu dapat dilihat pada Tabel 1.




Penurunan konsumsi pakan diperkirakan dapat mencapai 17% setiap kenaikan suhu lingkungan sebesar 10°C pada suhu lingkungan di atas 22°C (Austic, 1985). Menurunnya konsumsi pakan pada suhu lingkungan tinggi, merupakan usaha ayam dalam mengurangi penimbunan panas dalam tubuh, dan sebagai konsekuensinya diikuti dengan berkurangnya laju pertumbuhan.

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:29

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...