Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Apa itu Molases ?

Molases 


Molases adalah hasil ikutan dari limbah pengolahan tebu yang berwarna hitam kecoklatan dengan kandungan gizi yang cukup baik didalamnya sehingga baik digunakan sebagai bahan tambahan pakan ternak. Keuntungan penggunaan molases untuk pakan adalah kadar karbohidrat tinggi (48-60% sebagai gula), kadar mineral cukup dan disukai ternak (Yudith, 2010). 

Winarno (1981) menyatakan bahwa molases mengandung gula mencapai 50% dalam bentuk sukrosa, protein kasar 2,5-4,5% dengan asam amino yang terdiri dari asam amino aspartat, glutamat, pirimidin, karboksilat, asparagin dan alanin. Gula pereduksi tersebut mudah dicerna dan dapat diserap langsung oleh darah, digunakan untuk keperluan energi. 

Molases banyak dimanfaatkan dan digunakan secara langsung sebagai pupuk, pakan ternak dan bahan baku industri fermentasi. Terdapat beberapa cara penggunaan molases untuk makanan ternak antara lain, diberikan sebagai komponen secara terpisah dari komponen lain, diberikan dengan campura urea, diberikan bersama-sama dengan campuran komponen lainnya seperti biji-bijian, tongkol jagung dan lain sebagainya (Paturau, 1982).


Sumber :

Paturau, J. 1982. By Products of the Cane Sugar Industry, Second edition. Elsevier.

Winarno, F.G. 1981. “Food Additives” Amankah Bagi Kita? Kumpulan dan Gagasan Tertulis 1978-1981. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Yudith, T. A., 2010. Pemanfaatan Pelepah Sawit dan Hasil Ikutan Industri Kelapa Sawit terhadap Pertumbuhan Sapi Peranakan Simental Fase Pertumbuhan. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan



Labels: Pakan Alternative

Thanks for reading Apa itu Molases ?. Please share...!

0 Comment for "Apa itu Molases ?"

Back To Top