Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Urea Sebagai Campuran Ransum Untuk Pakan Ruminansia

Urea banyak digunakan dalam ransum ternak ruminansia karena mudah diperoleh, harganya murah dan sedikit resiko keracunan yang diakibatkannya. Secara fisik urea berbentuk kristal berwarna putih (Sodiq dan Abidin, 2002). 

Urea merupakan salah satu sumber Non Protein Nitrogen (NPN) yang mengandung 41- 45 % N. Disamping itu penggunaan urea dapat meningkatkan nilai gizi makanan dari bahan yang berserat tinggi serta berkemampuan untuk merenggangkan ikatan kristal molekul selulosa sehingga memudahkan mikroba rumen memecahkannya (Basya, 1981). 

Parakkasi (1999) mengemukakan bahwa pada penambahan urea sebagai sumber NPN ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu pemberian urea tidak melebihi sepertiga bagian dari total N (protein equivalen), pemberian urea tidak lebih dari 1% ransum lengkap atau 3% campuran penguat sumber protein, urea hendaknya dicampur sehomogen mungkin dalam ransum dan perlu disertai dengan penambahan mineral.

Urea bila diberikan kepada ruminansia akan melengkapi sebagian dari protein hewan yang dibutuhkan, karena urea tersebut disintesa menjadi protein oleh mikroorganisme dalam rumen. Urea dapat digunakan untuk pakan ternak ruminansia dengan manfaat utamanya sebagai sumber non protein nitrogen (NPN). Urea dalam proporsi tertentu mempunyai banyak dampak positif terhadap peningkatan konsumsi serat kasar dan daya cerna (Kartadisastra, 1997). 

Penelitian Musofie dkk, (1987) menghasilkan suatu kenyataan bahwa pemberian urea yang tergabung di dalam UMB berakibat meningkatnya konsentrasi amonia di dalam cairan rumen.


Sumber :

Basya S. 1981. Penggunaan dan Pemberian Urea sebagai Bahan Makanan Ternak. Lembaran LPP XI (2-4).

Kartadisastra, H. R., 1997. Penyediaan dan Pengolahan Pakan Ternak Ruminansia. Kanisius. Yogyakarta.

Musofie, A., Y.P.Achmanto, S. Tedjoweiono, dan H. Sutanto. 1987. Respon Sapi Madura terhadap Pemberian Pucuk Tebu dengan Suplementasi Urea Molases Blok dan Konsentrat. Prosiding. Bioconversion Project Second Workshop on Corp Redues for feed and Other Purpose. Grati

Parakkasi, A. 1999. Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminansia. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Sodiq, A dan Z. Abidin. 2002. Penggemukan Domba. Agromedia Pustaka. Jakarta

0 Comment for "Urea Sebagai Campuran Ransum Untuk Pakan Ruminansia"

Back To Top