Saluran distribusi adalah organisasi – organisasi yang saling tergantung yang tercakup dalam proses
yang membuat produk dan jasa menjadi tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi
oleh konsumen (Kotler. 2002 : 5). Hal ini sesuai dengan
pendapat (Stanton W . J, 1985:4). pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukkan
untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang
dan jasa untuk memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli
yang potensial
Keputusan memilih saluran pemasaran adalah salah
satu keputusan penting dalam pemasaran. Saluran pemasaran salah satu yang
mementukan keputusan pemasaran yang lainnya seperti dalam hal penetapan harga
produk (pricing) sangat ditentukan keputusan ini. Ketika perusahaan memilih
memasarkan di toko terbatas pasti harganya pun tinggi karena ada nilai
eksklusifitas. Berbeda ketika perusahaan memasarkan di toko secara massal pasti
harganya pun lebih murah Perlu diingat juga saluran pemasaran tidak hanya
melayani pasar tetapi juga menciptakan pasar (Kotler.
2002 : 34)
Menurut
Kamaluddin (2008) Arus pemasaran (saluran pemasaran) yang terbentuk dalam
proses pemasaran ini beragam sekali, misalnya:
• Produsen berhubungan langsung dengan konsumen
akhir
• Produsen – tengkulak – pedagang pengumpul – pedagang
besar – pengecer – konsumen akhir
• Produsen – tengkulak – pedagang besar –
pengecer – konsumen akhir
• Produsen –
pedagang pengumpul – pedagang besar – pengecer – konsumen akhir
Panjang
pendeknya saluran tataniaga yang dilalui tergantung beberapa faktor, antara
lain:
1.
Jarak antara produsen ke
konsumen. Makin jauh jarak antara produsen dan konsumen biasanya makin panjang
saluran yang ditempuh oleh produk.
2.
Cepat tidaknya produk rusak.
Produk yang cepat atau mudah rusak harus segera diterima konsumen dan dengan
demikian menghendaki saluran yang pendek dan cepat.
3.
Skala produksi. Bila produksi
langsung dalam ukuran-ukuran kecil maka jumlah produk yang dihasilkan berukuran
kecil pula, hal ini tidak menguntungkan bila produsen langsung menjualnya ke
pasar. Dalam keadaan demikian kehadiran pedagang perantara diharapkan dan
dengan demikian saluran yang akan dilalui produk cenderung panjang.
4.
Posisi keuangan pengusaha.
Produsen yang posisi keuangannya kuat cenderung untuk memperpendek saluran
tataniaga. Pedagang yang posisi keuangan (modalnya) kuat akan dapat melakukan
fungsi tataniaga lebih banyak dibandingkan dengan pedagang yang posisi modalnya
lemah. Dengan kata lain, pedagang yang memiliki modal kuat cenderung
memperpendek saluran tataniaga (Hanafia dan Saefuddin, 1986).
Kotler (1995),
menyatakan bahwa saluran pemasaran bertugas menyalurkan barang dari produsen ke
konsumen. Saluran pemasaran itu dapat berbentuk sederhana dan dapat pula rumit.
Ada tiga macam jenis jenjang yaitu ruang, pemilikan dan waktu yang menjauhkan
barang dan jasa dari konsumen pemakai. Selanjutnya ditambahkan bahwa ada empat
saluran pemasaran yaitu :
1. Saluran nol tingkat yaitu saluran pemasaran dimana
produsen langsung menjual barangnya ke konsumen, dan biasanya disebut saluran
pemasaran langsung
2. Saluran satu tingkat. Pada tipe saluran ini
produsen menggunakan hanya satu perantara yaitu lembaga pengecer
3. Saluran dua tingkat. Dimana menunjukkan adanya dua
perantara yang digunakan untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen.
Biasanya
yang digunakan pedagang besar dan pengecer.
4. Saluran tiga tingkat. Pada saluran ini
terdapat tiga tingkatan atau perantara
yaitu agen, pedagang besar dan pengecer antara produsen dan konsumen.
Daftar Pustaka
Hanafiah, Saefuddin, 1986. Tata Niaga Hasil Perikanan. Penerbit UI- Press. Jakarta.
Kamaluddin, 2008. Lembaga dan Saluran Pemasaran. www.Jurnalistik. co.id. Di akses pada tanggal 12 Mei 2009.
Kotler, P, 1995. Manajemen
Pemasaran. Analisis Perencanaan Implementasi dan
Pengendalian.Penerbit
Erlanggaa. Jakarta.
Kamaluddin, 2008. Lembaga dan Saluran Pemasaran. www.Jurnalistik. co.id. Di akses pada tanggal 12 Mei 2009.
Labels:
Sosial Ekonomi Peternakan
Thanks for reading Saluran Pemasaran ( Distribusi ) dalam Dunia Petenakan. Please share...!
0 Comment for "Saluran Pemasaran ( Distribusi ) dalam Dunia Petenakan"