Saluran Pemasaran ( Distribusi ) dalam Dunia Petenakan

Posted by

Saluran distribusi adalah organisasi – organisasi yang saling tergantung yang tercakup dalam proses yang membuat produk dan jasa menjadi tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen (Kotler. 2002 : 5). Hal ini sesuai dengan pendapat (Stanton W . J, 1985:4). pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial

Keputusan memilih saluran pemasaran adalah salah satu keputusan penting dalam pemasaran. Saluran pemasaran salah satu yang mementukan keputusan pemasaran yang lainnya seperti dalam hal penetapan harga produk (pricing) sangat ditentukan keputusan ini. Ketika perusahaan memilih memasarkan di toko terbatas pasti harganya pun tinggi karena ada nilai eksklusifitas. Berbeda ketika perusahaan memasarkan di toko secara massal pasti harganya pun lebih murah Perlu diingat juga saluran pemasaran tidak hanya melayani pasar tetapi juga menciptakan pasar (Kotler. 2002 : 34)

Menurut Kamaluddin (2008) Arus pemasaran (saluran pemasaran) yang terbentuk dalam proses pemasaran ini beragam sekali, misalnya:
•  Produsen berhubungan langsung dengan konsumen akhir
• Produsen – tengkulak – pedagang pengumpul – pedagang besar – pengecer – konsumen akhir
•  Produsen – tengkulak – pedagang besar – pengecer – konsumen akhir
• Produsen – pedagang pengumpul – pedagang besar – pengecer – konsumen akhir

Panjang pendeknya saluran tataniaga yang dilalui tergantung beberapa faktor, antara lain:
1.      Jarak antara produsen ke konsumen. Makin jauh jarak antara produsen dan konsumen biasanya makin panjang saluran yang ditempuh oleh produk.
2.      Cepat tidaknya produk rusak. Produk yang cepat atau mudah rusak harus segera diterima konsumen dan dengan demikian menghendaki saluran yang pendek dan cepat.
3.      Skala produksi. Bila produksi langsung dalam ukuran-ukuran kecil maka jumlah produk yang dihasilkan berukuran kecil pula, hal ini tidak menguntungkan bila produsen langsung menjualnya ke pasar. Dalam keadaan demikian kehadiran pedagang perantara diharapkan dan dengan demikian saluran yang akan dilalui produk cenderung panjang.
4.      Posisi keuangan pengusaha. Produsen yang posisi keuangannya kuat cenderung untuk memperpendek saluran tataniaga. Pedagang yang posisi keuangan (modalnya) kuat akan dapat melakukan fungsi tataniaga lebih banyak dibandingkan dengan pedagang yang posisi modalnya lemah. Dengan kata lain, pedagang yang memiliki modal kuat cenderung memperpendek saluran tataniaga (Hanafia dan Saefuddin, 1986).

Kotler (1995), menyatakan bahwa saluran pemasaran bertugas menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Saluran pemasaran itu dapat berbentuk sederhana dan dapat pula rumit. Ada tiga macam jenis jenjang yaitu ruang, pemilikan dan waktu yang menjauhkan barang dan jasa dari konsumen pemakai. Selanjutnya ditambahkan bahwa ada empat saluran pemasaran yaitu :
1. Saluran nol tingkat yaitu saluran pemasaran dimana produsen langsung menjual barangnya ke konsumen, dan biasanya disebut saluran pemasaran langsung 
2. Saluran satu tingkat. Pada tipe saluran ini produsen menggunakan hanya satu perantara yaitu lembaga pengecer
3. Saluran dua tingkat. Dimana menunjukkan adanya dua perantara yang digunakan untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Biasanya
    yang digunakan pedagang besar dan pengecer.
4. Saluran tiga tingkat. Pada saluran ini terdapat  tiga tingkatan atau perantara yaitu agen, pedagang besar dan pengecer antara produsen dan konsumen.



Daftar Pustaka

Hanafiah, Saefuddin, 1986. Tata Niaga Hasil Perikanan. Penerbit UI- Press. Jakarta.

Kamaluddin, 2008. Lembaga dan Saluran Pemasaran. www.Jurnalistik. co.id.  Di akses pada tanggal 12 Mei 2009.

Kotler, P, 1995. Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan Implementasi dan
                        Pengendalian.Penerbit Erlanggaa. Jakarta.

Kamaluddin, 2008. Lembaga dan Saluran Pemasaran. www.Jurnalistik. co.id.  Di akses pada tanggal 12 Mei 2009.


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:15

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...