Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Palatabilitas Pakan dan Daya Dukung

Ivins (1952) dalam Mcllroy (1977) mendefinisikann palatabilitas sebagai hasil keseluruhan dari faktor-faktor yang menentukan apakah dan sampai di mana sesuatu makanan menarik bagi satwa. Menurut Mcllroy (1977), faktor-faktor yang mempengaruhi palatabilitas adalah fase pertumbuhan dan kondisi hijauan, kesempatan memilih hijauan lain, tata laksana terhadap hijauan, pemupukan, dan sifat-sifat satwa.

Palatabilitas dapat diuji dengan sistem prasmanan, yaitu dengan cara menyediakan petak-petak tanah yang ditanami dengan sejumlah hijauan yang berbeda. Satwa diberi kebebasan merumput menurut seleranya di petak-petak tersebut, dan waktu yang dihabiskan di tiap-tiap petak atau jumlah hijauan yang direnggut memberikan indeks palatabilitas relatif dari tiap jenis hijauan yang bersangkutan (Mcllroy 1977).


Daya dukung adalah kemampuan suatu areal atau kawasan untuk mendukung satwa pada suatu periode tertentu dalam hubungannya dengan kebutuhan hidup satwa seperti reproduksi, pertumbuhan, pemeliharaan, dan pergerakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi daya dukung adalah iklim, tanah, topografi dan tingkat pengelolaan (Ontario 1980 dalam Siswanto 1982). Besarnya daya dukung suatu areal dapat dicari melalui pengukuran salah satu faktor habitat, diantaranya melalui pendekatan terhadap pakan (Syarief 1974). Alikodra (1979) menyatakan faktor yang perlu diketahui dari daya dukung areal adalah kebutuhan makan bagi satwa dan produksi rumput makanan satwa.

Labels: Pakan

Thanks for reading Palatabilitas Pakan dan Daya Dukung . Please share...!

0 Comment for "Palatabilitas Pakan dan Daya Dukung "

Back To Top