Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Pertumbuhan Ikan

Pertumbuhan dapat diartikan sebagai proses biologis yang kompleks dimana banyak faktor yang mempengaruhinya. Pertumbuhan dalam individu ialah pertambahan jaringan akibat dari pembelahan sel secara mitosis (Effendie, 2002). Pertumbuhan juga dipengaruhi oleh banyak faktor yang merupakan faktor internal maupun faktor eksternal ikan. Pertumbuhan merupakan parameter yang mempunyai nilai ekonomi penting dalam budidaya. Parameter ini mudah diukur sebagai bobot, panjang atau lingkaran pertumbuhan pada sisik. Ikan-ikan yang berumur muda lebih cepat pertumbuhan panjangnya dari ikan-ikan yang berumur tua (Effendie, 1997).

Pertumbuhan ikan dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal yang meliputi faktor genetik dan kondisi fisiologis ikan serta faktor eksternal yang berhubungan dengan lingkungan. Faktor eksternal tersebut yaitu komposisi kualitas kimia dan fisika air, bahan buangan metabolik, ketersediaan pakan dan penyakit (Irawan et al. 2009).

Makanan merupakan salah satu faktor yang daat menunjang dalam perkembangbiakan ikan baik ikan air tawar, ikan air payau maupun ikan air laut. Pertumbuhan ikan yang baik membutuhkan sejumlah pakan yang melebihi kebutuhan untuk pemeliharaan tubuhnya. Ikan dalam pertumbuhan dan perkembangbiakannya memerlukan makanan baik makanan alami maupun makanan buatan Ikan yang hidup di alam bebas (sungai) mengandalkan makanan alami (Effendie, 1997).

Tidak semua makanan yang dimakan oleh ikan digunakan untuk pertumbuhan. Sebagian besar energi dari makanan digunakan untuk pemeliharaan dan sisanya digunakan untuk aktivitas, pertumbuhan, dan reproduksi. Ikan muda yang sedang tumbuh lebih banyak menggunakan energi dibandingkan ikan dewasa, karena energi dibutuhkan tidak saja untuk aktivitas dan pemeliharaan, tetapi juga untuk pertumbuhan (Fujaya, 2004).

Pada beberapa organisme, suplai makanan dan oksigen tergantung pada difusi permukaan sedangkan rasio permukaan dan seiring itu juga terjadi penurunan volume. Jika terjadi pertambahan ukuran badan menjadi dua kali lipat, maka rasio permukaan dan volume mnjadi setengahnya dan dengan demikian penggunaan energi berkurang, yang ditandai dengan pengurangan konsumsi oksigen per mg berat badan (Fujaya, 2004).

Faktor-faktor kimia perairan dalam keadaan ekstrim mempunyai pengaruh hebat terhadap pertumbuhan, bahkan dapat menyebabkan fatal. Diantaranya adalah oksigen, karbon dioksida, hydrogen sulfide, keasaman dan alkalinitas, dimana pada akhirnya akan mempengaruhi terhadap makanan (Effendi, 2002).

Faktor panjang, jenis kelamin, makanan, tingkat kematangan gonad dan umur ikan saling berkorelasi. Perhitungan dari faktor ini didasarkan pada panjang dan berat ikan, sehingga dapat digunakan sebagai indikator bagi pertumbuhan ikan perairan (Effendie, 2002).

Pendugaan pertumbuhan ikan dapat diduga dengan menganalisis data frekuensi panjang atau bobot, dimana pertumbuhan ikan ada setiap umur berbeda. Ikan muda memiliki pertumbuhan yang cepat sedangkan akan terhenti pada saat mencapai panjang maksimal. Pertambahan baik dalam bentuk panjang maupun berat biasanya diukur dalam waktu tertentu. Hubungan pertumbuhan dengan waktu bila digambarkan dalam suatu sistem koordinat menghasilkan suatu diagram yang lebih dikenal dengan kurva pertumbuhan (Effendie, 1997).

Menurut Effendie (2002), jika dilihat dari hubungan panjang dan bobot tubuh ikan, maka pada pertumbuhan ikan dapat dibagi atas 3 pola pertumbuhan:
1. Bila harga koefisien regresinya lebih kecil dari tiga, maka pertumbuhan panjang
ikan tersebut lebih cepat dari pertumbuhan bobotnya sehingga disebut Allometrik negatif.
2. Bila harga koefisien regresinya sama dengan tiga, maka pertumbuhan panjang
ikan tersebut sama dengan pertumbuhan bobotnya sehingga disebut Isometrik.
3. Bila harga koefisien regresinya lebih besar dari tiga, maka pertumbuhan bobot
ikan tersebut lebih cepat dari pertumbuhan panjangnya sehingga disebut Allometrik positif.


Labels: Perikanan

Thanks for reading Pertumbuhan Ikan . Please share...!

0 Comment for "Pertumbuhan Ikan "

Back To Top