Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Faktor Lingkungan Tumbuh Lobster Air Tawar


Di habitat aslinya, lobster air tawar hidup di rawa-rawa, sungai, dan danau air tawar. Lobster air tawar merupakan spesies yang berasal dari daerah tropis yang tersebar di sekitar Australia bagian utara. Penyebaran ini membuat lobster tahan terhadap berbagai kondisi dan cuaca (Lim, 2006).

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan adalah makanan dan lingkungan. Pakan berfungsi sebagai nutrisi dan energi yang digunakan untuk mempertahankan hidup, membangun tubuh dan untuk proses perkembangannya. Faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup lobster adalah suhu, salinitas, oksigen terlarut (DO), pH, dan substrat (Ekawati et al., 1995).

Menurut Yuniarso (2006) kelulusan hidup (survival rate) dan pertumbuhan organisme perairan juga dipengaruhi oleh keadaan lingkungan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan organisme perairan seperti lobster air tawar antara lain suhu, derajat keasaman, kadar oksigen terlarut, substrat bahan-bahan yang berpotensi racun seperti amonia dan nitrit.

2.7.1 Suhu
Suhu air mempunyai peranan paling besar dalam perkembangan dan pertumbuhan udang air tawar. Secara umum suhu optimal bagi udang air tawar adalah 25-30oC. Suhu di atas 20oC masih dianggap baik bagi kehidupan udang. Udang akan kurang aktif apabila suhu air turun di bawah 18oC dan pada suhu 15o C atau lebih rendah akan menyebabkan udang stres (Wardoyo, 1997 dalam Yuniarso, 2006).

2.7.2 pH
Organisme air dapat hidup dalam suatu perairan yang mempunyai nilai pH netral dengan kisaran toleransi antara asam lemah sampai basa. Nilai pH yang ideal bagi organisme akuatik pada umumnya berkisar antara 7-8,5 (Barus, 2004).

2.7.3 DO (Dissolved Oxygen)
Dissolved Oxygen (DO) merupakan banyaknya oksigen terlarut dalam suatu perairan. Oksigen terlarut merupakan faktor yang sangat penting di dalam ekosistem perairan, terutama sekali dibutuhkan untuk proses respirasi bagi sebagian besar organisme-organisme air. Oksigen terlarut di dalam air bersumber terutama dari adanya kontak antara permukaan air dengan udara dan dari proses fotosintesis. Air kehilangan oksigen melalui pelepasan dari permukaan ke atmosfer dan melalui aktivitas respirasi organisme akuatik (Barus, 2004).

2.7.4 Substrat
Lobster air tawar biasanya hidup di perairan yang dasarnya berlumpur dengan beberapa bebatuan dan potongan cabang tanaman. Dari penelitian dilaporkan bahwa lobster air tawar yang dipelihara di lingkungan dengan substrat berbatu dan berlumpur memiliki tingkat pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan yang dipelihara di substrat buatan, seperti plastik (Lukito dan Prayugo, 2007).


Labels: Lobster

Thanks for reading Faktor Lingkungan Tumbuh Lobster Air Tawar . Please share...!

0 Comment for "Faktor Lingkungan Tumbuh Lobster Air Tawar "

Back To Top