Ragam Jenis Lalat pada Peternakan Ayam

Posted by

Lalat merupakan insekta yang tergolong ordo Diptera. Diptera berasal dari kata di artinya dua, dan pteron yang berarti sayap. Sesuai dengan nama yang disebutkan, serangga pada ordo ini memiliki dua pasang sayap. Sayap kedua telah berubah bentuk menjadi halter yang berfungsi menjaga keseimbangan saat terbang. Ordo Diptera digolongkan ke dalam tiga subordo, yaitu Nematocera, Brachycera, dan Cyclorrapha. Insekta yang disebut sebagai lalat tergolong ke dalam subordo Brachycera dan Cyclorrapha. Lalat yang mengganggu kesehatan pada umumnya tergolong pada subordo Cyclorrapha yang terdiri atas lebih dari 116.000 spesies (Hadi dan Koesharto 2006).

Lalat rumah, Musca domestica, adalah jenis lalat yang banyak berada pada peternakan ayam dengan model perkandangan bertingkat (Axtell dan Arrends 1990; Wales et al. 2008; Iqbal et al. 2014). Lalat ini ditemukan dalam jumlah yang banyak di peternakan ayam petelur di Haryana, India Utara (Dogra dan Aggarwal 2010). Lalat famili Muscidae lain yang umum berada di manur ayam adalah Fannia canicularis, F. benjamini, dan F. femoralis. Populasi lalat F. benjamini dan F. canicularis akan menurun pada suhu udara yang panas.

Siklus Hidup Lalat
Lalat sampah (dump flies) seperti Ophyra leucostoma dan O. aenescens memiliki populasi yang tinggi di peternakan ayam petelur (Axtell 1986; Axtell dan Arrends 1990). Jenis lalat lain yang banyak ditemukan di peternakan ayam petelur adalah Muscina stabulans (Axtell dan Arends 1990; Wales et al. 2008). Lalat Hydrotaea aenescens juga merupakan spesies lalat yang banyak ditemukan pada peternakan ayam petelur di Amerika (Wales et al. 2008).

Lalat serdadu atau soldier fly, Hermetia illucens (famili Stratiomyidae), adalah lalat yang larvanya umum berada di manur peternakan ayam dan jumlahnya amat banyak pada peternakan dengan sistem kandang bertingkat (Axtell dan Arrends 1990; Newton et al. 2005) . Lalat dewasa akan terbang dengan perlahan dan hinggap di tumbuhan-tumbuhan sekitar kandang. Keberadaan larva lalat serdadu akan menekan pertumbuhan jumlah lalat Musca dan Fannia, namun dapat menyebabkan manur semakin cair dan lembab sehingga sulit diangkat dan mengotori saluran-saluran di peternakan ayam (Axtell dan Arrends 1990). Satu-satunya lalat pengisap darah yang ditemukan di peternakan ayam adalah lalat Stomoxys calcitrans atau lalat kandang yang merupakan lalat dari famili Muscidae (Axtell 1986; Axtell dan Arends 1990).

Selain lalat -lalat yang disebutkan di atas, keberadaan lalat Chrysomya megacephala, C. rufifaciens, C. saffranea dan C. albiceps yang sering disebut sebagai lalat hijau dapat mengganggu aktivitas di peternakan ayam. Lalat ini berpotensi menyebabkan miasis fakultatif dan menjadi vektor penyebaran berbagai penyakit (Hadi dan Koesharto 2006).


Daftar Pustaka

Axtell RC, Arends JJ. 1990. Ecology and management of arthropod pests of poultry. Annu Rev Entomol. 35:101-126.
Axtell RC. 1986. Fly management in poultry production: cultural, biological, and chemical. Poult Sci. 65:657-667.
Dogra V, Aggarwal AK. 2010. Association of poultry farms with housefly and morbidity: a comparative study from Raipur Rani, Haryana. Indian J Com Med. 35(4):434-437.
Hadi UK, Koesharto FX. 2006. Lalat. Dalam: Hama Permukiman Indonesia: Pengenalan, Biologi, dan Pengendalian. Sigit SH, editor. Hadi UK, editor. Bogor (ID): Unit Kajian Pengendalian Hama Permukiman Fakultas Kedokteran Hewan IPB.
Iqbal W, Malik MF, Sarwar MK, Azam I, Iram N, Nashdar A. 2014. Role of housefly (Musca domestica, Diptera; Muscidae) as a disease vector; a review. J Entomol Zool Studies. 2(2):159-163.
Newton L, Watson DW, Dove R, Sheppard C, Burtle G. 2005. Using the black soldier fly, Hermetia illucens, as a value-added tool for the management of swine manure [laporan penelitian]. North Carolina (US): North Carolina State University.
Wales AD, Carrique-Mas JJ, Rankin M, Bell B, Thind BB, Davies RH. 2008. Review of the carriage of zoonotic bacteria by arthropods, with special reference to Salmonella in mites, flies, and litter beetles. Zoon Pub Hlth.57(2010):299-314.





loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:00

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...