Konsentrat untuk Domba

Posted by

Pakan ternak dapat dikelompokkan menjadi dua jenis secara garis besarnya yaitu hijauan dan konsentrat. Hijauan pakan adalah bahan makanan yang berupa rumput lapang, beberapa dari jenis limbah hasil pertanian, rumput jenis unggul yang telah diperkenalkan dan beberapa jenis leguminosa atau kacang-kacangan. Hijauan ditandai dengan kandungan serat kasarnya yang relatif tinggi pada bahan keringnya, sedangkan konsentrat mengandung serat kasar yang lebih sedikit dibandingkan hijauan serta mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang relatif lebih tinggi jumlahnya tetapi bervariasi dengan kandungan air yang relatif sedikit (Williamson dan Payne, 1993).


Menurut Crampton dan Harris (1969), konsentrat merupakan makanan yang mengandung serat kasar rendah tetapi kandungan zat-zat makanan yang dapat dicerna tinggi sebagai sumber utama zat makanan adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Penggunaan konsentrat yang lebih tinggi akan mempercepat pertambahan bobot badan. Penentuan jumlah konsentrat yang tepat merupakan salah satu cara untuk optimasi kapasitas pencernaan untuk mendapatkan efisiensi pemanfaatan pakan yang lebih baik.

Menurut Munier et al (2004), pemberian pakan tambahan berupa konsentrat pada domba ekor gemuk selama pengkajian memperlihatkan produktivitas yang lebih baik dibandingkan dengan tanpa pemberian pakan tambahan. Pertambahan bobot badan harian dan bobot badan akhir lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa pemberian pakan tambahan. Pada perlakuan dengan pemberian pakan tambahan mengalami peningkatan bobot badan sebesar 27,3 gram dan pada perlakuan tanpa pemberian pakan tambahan mengalami penurunan bobot badan sebesar 12 gram.

Menurut Martawidjaja (1986), rata-rata konsumsi pakan domba yang diberikan konsentrat adalah 580 gram/ekor/hari dibandingkan dengan yang tidak diberi konsentrat yaitu 371 gram/ekor/hari. Martawidjaja (1986) juga menambahkan bahwa pemberian konsentrat pada domba sangat berpengaruh terhadap pertambahan bobot badan. Pertambahan bobot badan domba tanpa penambahan konsentrat rata-rata 18 gram/ekor/hari, sedangkan dengan penambahan konsentrat adalah 71 gram/ekor/hari. Menurut Parakkasi (1999), pemberian pakan konsentrat yang terlampau banyak akan meningkatkan konsentrasi energi ransum dan dapat menurunkan tingkat konsumsi.

Daftar Pustaka

Crampton, E. W., & L. E. Harris. 1969. The Uses of Feedstuffs in The Formulation of Livestock Ration. Applied Animal Nutrition. W. H. Freman and Co ; San Fransisco.
Martawidjaja, M. 1986. Pengaruh musim terhadap konsumsi makanan dan pertumbuhan domba. Jurnal Ilmu dan Peternakan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Vol 2 (4) : 19-22

Munier, F. F., D. Bulo, Saidah, Syarifuddin, R. Boy, Femmi N. F., & S. Husain. 2004. Pertambahan bobot badan domba ekor gemuk (DEG) yang dipelihara secara intensif. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian, Bogor.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 19:27

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...