Limbah Tanaman Jagung

Posted by


Jagung di Indonesia mempunyai jenis yang berbeda. Jenis jagung mengandung nutrien yang berbeda-beda mulai dari bagian yang mudah dicerna dengan protein tinggi pada daun-daun muda sampai bagian yang mempunyai protein rendah dan sukar dicerna pada batang tanaman tua (Pasaribu, 1993). Jagung banyak digunakan di bidang peternakan sebagai pakan unggas sedangkan limbahnya sebagai pakan ruminansia. Hasil samping industri pertanian khususnya pakan tinggi serat banyak digunakan sebagai pakan utama dalam sistem pemeliharaan ternak ruminansia secara intensif di Indonesia (Toharmat et al., 2007).


Selain limbah tanaman jagung, sumber pakan yang berasal dari limbah pertanian yaitu jerami padi, jerami sorgum, jerami kedelai, jerami kacang tanah, pucuk ubi kayu, dan jerami ubi jalar (Wardhani et al., 1985; Syamsu et al., 2003). Produksi limbah pertanian terbesar adalah jerami padi (85,81%), diikuti jerami jagung (5,84%), jerami kacang tanah (2,84%), jerami kedelai (2,54%), pucuk ubi kayu (2,29%), dan jerami ubi jalar (0,68%). Berdasarkan indeks konsentrasi pakan (IKP) lebih dari satu, 10,92% jerami jagung terdapat di Propinsi Lampung, 7,23% di Nusa Tenggara Timur dan 6,34% di Sumatera Utara (Syamsu et al., 2003).

Badan Pusat Statistik (2009) menyatakan bahwa produksi tanaman jagung di Indonesia mencapai 17.659.067 ton dengan luasan panen 4.194.143 ha, maka dapat diperkirakan produksi tanaman jagung per ha yaitu 4,2 ton/ha dengan produksi tanaman jagung di Jawa Barat mencapai 5,8 ton/ha. Limbah tanaman jagung berpotensi bagi ternak dan sudah banyak diberikan sebagai pakan ternak terutama di Propinsi Jawa Tengah. Limbah jagung mempunyai kualitas pakan yang rendah sehingga tidak akan mencukupi kebutuhan pertumbuhan ternak kecuali jika diberi tambahan suplemen pada pakannya (Parakkasi, 1995). Pengolahan limbah jagung merupakan hal yang diperlukan agar kontinuitas pakan terus terjamin (Umiyasih dan Wina, 2008).

Limbah tanaman jagung yang dapat digunakan sebagai pakan ternak ruminansia adalah batang dan daun yang masih muda atau dikenal sebagai jerami jagung, klobot jagung dan tongkol jagung. Jerami jagung sudah banyak dimanfaatkan peternak sebagai hijauan pakan ternak tetapi pemanfaatannya belum optimal. Selain sebagai hijauan segar, jerami jagung juga dapat diberikan sebagai hijauan pakan ternak yang telah mengalami proses pengolahan teknologi pakan dalam bentuk hay dan silase (Dinas Peternakan, 2009). Klobot jagung selain berfungsi sebagai makanan ternak juga berfungsi sebagai pelindung biji jagung dan tongkol, serta untuk mempertahankan kesegaran sehingga jagung tidak akan terlampau keras untuk dikunyah oleh ternak, bersama dengan tongkol bersifat sebagai hijauan, oleh karena itu buah jagung lengkap lebih disukai dibandingkan biji jagung (Parakkasi, 1995).


Daftar Pustaka

Badan Pusat Statisik. 2009. Tabel luas panen-produktivitas-produksi tanaman jagung seluruh provinsi. http://www.bps.go.id/tnmn_pgn.php?eng=0. [21 Desember 2009].
Dinas Peternakan. 2009. Pemanfaatan jerami jagung sebagai pakan ternak. http://www.disnak-jatim.go.id/web/index.php/Artikel/Budidaya-dan Pengembangan Ternak/Jerami-Jagung.html. [7 April 2010].
Parakkasi, A. 1995. Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminansia. Universitas Indonesia Press, Jakarta.
Pasaribu, T. D. 1993. Silase kulit jagung manis dan pemanfaatannya sebagai bahan pakan domba ekor tipis. Skripsi. Universitas Pakuan, Bogor.
Syamsu, J. A., L. A. Sofyan, K. Muikdjo, & E. G. Sa’id. 2003. Daya dukung limbah pertanian sebagai sumber pakan ternak ruminansia di Indonesia. Wartazoa 13(1): 30-37.
Toharmat, T., N. Hotimah, E. Nursasih, R. Nazilah, T. Q. Noerzihad, N. A. Sigit, & Y. Retnani. 2007. Status Ca, Mg dan Zn pada kambing peranakan etawah muda yang diberi ransum bentuk mash dengan pakan sumber serat berbeda. Med. Pet. 30(2): 71-78.
Umiyasih, U. & E. Wina. 2008. Pengolahan dan nilai nutrisi limbah tanaman jagung sebagai pakan ternak ruminansia. Buletin Ilmu Peternakan Indonesia, Wartazoa 18(3): 127-136.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20:08

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...