Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Budidaya Tanaman Kopi Arabika

Dalam memilih penanaman bibit kopi ada tiga kriteria yang perlu diperhatikan antara lain produktivitas, kualitas, ketahanan terhadap gangguan hama dan penyakit. Untuk keperluan budidaya kopi Arabika, biasanya dilakukan dengan cara membuat bibit generatif. Kopi Arabika tidak memerlukan cara vegetatif, kecuali untuk kebutuhan penelitian. Beberapa varietas atau klon yang selama ini dianggap unggul dan dianjurkan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan antara lain:

1. Jenis Arabika untuk lahan pada ketinggian 500-700 m dpl dan dibiakkan melalui stek: (1) skala besar: Klon S 795; (2) skala kecil: Klon S 288 dan Klon S 333.

2. Jenis Arabika untuk lahan pada ketinggian 700-1700 m dpl dan dibiakkan melalui sambungan atau stek antara lain (1) skala besar: Klon S 795, AB3, AB4; (2) skala kecil: Klon Maesan, 1-D7, S 288, S 333; (3) skala percobaan: Klon USDA 230762, USDA 231001, USDA 230731, USDA 230765, USDA 231006, USDA 2064125.

Dalam pemeliharaan kopi Arabika, pupuk yang digunakan pada umumnya harus mengandung unsur-unsur Nitrogen, Phospat dan Kalium dalam jumlah yang cukup banyak dan unsur-unsur mikro lainnya yang diberikan dalam jumlah kecil. Ketiga jenis tersebut di pasaran dijual sebagai pupuk Urea atau Za yang merupakan sumber N, Triple Super Phospat (TSP) dan KCl. Selain penggunaan pupuk tunggal, di pasaran juga tersedia penggunaan pupuk majemuk. Pupuk tersebut berbentuk tablet atau briket di dalamnya, selain mengandung unsur NPK, juga mengandung unsur-unsur mikro. Selain pupuk anorganik tersebut, tanaman kopi sebaiknya juga dipupuk dengan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos. Pemberian pupuk buatan dilakukan dua kali per tahun yaitu pada awal dan akhir musim hujan dengan meletakkan pupuk tersebut di dalam tanah (sekitar 10 - 20 cm dari permukaan tanah) dan disebarkan di sekeliling tanaman. Adapun pemberian pupuk kandang hanya dilakukan tahun 0 (penanaman pertama).






Labels: Kopi, Perkebunan

Thanks for reading Budidaya Tanaman Kopi Arabika. Please share...!

1 Comment for "Budidaya Tanaman Kopi Arabika"

Semoga jenis Kopi Arabika Indonesia bisa makin dikenal dan disukai penikmat kopi di seluruh dunia

Back To Top